Ternyata Gigi Palsu Sudah Digunakan Orang Sejak 400 Tahun Lalu

gigi palsu

PERCIKANIMAN.ID – – Ada anekdot, kira-kira apa barang palsu yang dipakai orang bahkan untuk memasangnya sampai dipromosikan di media. Penjualnya pun tak dikenai sebagai pelaku penipuan bahkan disebutkan bahwa itu barang palsu. Ya, benar jika anda menjawabnya ‘gigi palsu’. Dalam perkembangannya gigi palsu bukan sekedar ingin mengganti fungsi gigi yang telah tiada namun juga menambah nilai estetikanya. Namun tahukah anda sejak kapan pemakaian gigi palsu ini ada?.

Ternyata pemakaian gigi sudah ada sedikitnya sejak empat abad yang lalu. Hal ini setidaknya berdasarkan hasil temuan para arkeolog yang menggali sebuah biara di kota kecil Lucca, Tuscany, Italia, menemukan gigi palsu unik berusia 400 tahun yang tampaknya merupakan pendahulu jembatan gigi modern.

alquran muasir

Seperti dikutip dari antaranews, perkakas yang terdiri atas lima gigi, tiga gigi seri sentral dan dua gigi taring lateral dalam urutan yang secara anatomi salah. Gigi-gigi yang dikaitkan bersama dengan pengikat emas tersebut milik individu yang berbeda. Untuk membuat gigi palsu tersebut, ujung akar masing-masing gigi dihilangkan dan bagian akarnya dipotong memanjang.

“Gigi-gigi itu lalu diluruskan dan lapisan emas tipis dimasukkan ke celahnya,” kata Simona Minozzi dan Valentina Giuffra dari divisi paleopatologi Pisa University dalam jurnal Clinical Implant Dentistry and Related Research.

“Pemindaian Micro-CT menunjukkan adanya dua pin emas kecil yang dimasukkan ke tiap gigi menyilang akar, dan memasang gigi ke pengait emas internal,” kata para peneliti.

kalender

Gigi palsu itu dipasang pada gigi individual lewat ujung berbentuk dua huruf S yang memiliki dua lubang kecil. Tali kemungkinan digunakan supaya gigi palsu tetap berada di tempat.

Menggunakan bantuan mikroskop elektron, para peneliti menemukan lapisan emas tersebut terbuat dari emas 73 persen, perak 15,6 persen dan tembaga 11,4 persen.

Alat untuk menahan gigi di satu tempat pernah digambarkan ahli bedah Prancis Ambroise Pare (1510-1590) yang menjadi dokter bedah untuk sejumlah raja Prancis dan juga Pierre Fauchard (1678-1761) yang disebut bapak kedokteran gigi modern. Tetapi, hingga saat ini belum ada bukti langsung yang ditemukan mengenai awal pembuatannya.

“Ini merupakan bukti arkeologi pertama gigi paksu menggunakan teknologi pengikat emas untuk penggantian gigi yang hilang,” kata Minozzi kepada Discovery News.

 

HALAMAN SELANJUTNYA…>>

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment