Shalat Witir tapi Tak Pernah Tahajud

shalat, sujud

Ustadz, saya mempunyai kebiasaan setiap kali menunaikan shalat Isa biasanya diakhiri dengan shalat witir, tapi saya tidak pernah melakukan Shalat Tahajud. Bagiamana menurut pendapat ustadz.

 

Kalau Anda biasa melakukan shalat sunat witir setelah shalat Isya, tetapi tidak melakukan shalat malam, menurut hemat saya anda boleh melakukan hal itu. Pada prinsipnya, shalat malam itu bisa dilakukan ba’da Isya sampai dengan menjelang Subuh.

alquran muasir

Itulah rentang waktu shalat malam, walaupun yang afdhal adalah pada pertengahan atau sepertiga malam. Rentang waktu ini dianggap waktu yang afdhal karena ada keterangan dalam riwayat Imam Muslim yang menyatakan “Yanzilu rabbuna fitsulutsil akhir mina lail“. Allah turun ke langit dunia pada sepertiga akhir malam, barang siapa yang berdoa kepadaKu, Aku akan kabulkan, siapa yang minta kepadaKu, Aku akan berikan, siapa yang mohon ampun kepadaKu, Aku akan ampuni.

Hadits ini menggambarkan bahwa dari rentang waktu ba’da Isya sampai dengan menjelang Subuh, waktu yang terbaik di antara rentang itu adalah pertengahan sampai sepertiga akhir malam. Pertengahan malam itu sekitar jam satu malam sedangkan sepertiga akhir malam itu sekitar jam 3 pagi. Itulah waktu yang paling bagus. Akan tetapi tentu tidak salah kalau anda shalat witirnya setelah Shalat Isya.

Setelah shalat Isya anda shalat witir sebanyak 3 raka’at kemudian anda tidur dan bangun di waktu subuh, itu yang biasa anda lakukan. Kalau bicara boleh, menurut pendapat saya anda boleh melakukan hal itu, kalau bicara pahala, tentu anda akan mendapatkan pahala daripada orang yang tidak melakukan. Itu prinsipnya.

kalender

Witir itu bisa dilakukan sebelum tidur, artinya setelah kita melakukan Shalat Isya kita shalat 3 raka’at tanpa tahiyat awal, itu yang namanya shalat witir. Nah kemudian anda tidur dan nanti jam setengah empat anda bangun, sisanya yang belum dilakukan, anda lakukan dengan formasi 4 raka’at salam, kemudian 4 raka’at salam atau boleh juga dua raka’at salam, dua raka’at salam, dua raka’at salam, dua raka’at salam, sehingga jumlahnya menjadi 8 raka’at.

Ini adalah shalat malam atau shalat tahajud, sebagai penambahan atau penyempurnaan dari witir yang sudah anda lakukan sebelum tidur. Kalau anda mempunyai kesempatan (setelah bangun) untuk shalat tahajud, sangat afdhal kalau anda lakukan, tapi kalau anda tidak melakukan shalat tahajud tentu tidak apa-apa dan shalat witir yang anda lakukan sebelum tidur itu tetap saja mendapatkan pahala dan keutamaan.

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment