Permukiman Ilegal Yahudi di Palestina Dapat Kecaman AS

amerika israel

PERCIKANIMAN.ID – – Pemerintah Amerika Serikat (AS) pada awal pekan ini  secara resmi mengeluarkan sikap penolakan dan kecaman atas langkah Israel untuk melegalkan permukiman-permukiman ilegal Yahudi di wilayah pendudukan Palestina.

Menteri-menteri Israel pada Minggu menyetujui rancangan undang-undang yang akan berlaku surut untuk memberikan status hukum bagi permukiman ilegal Yahudi di seluruh Tepi Barat meski itu melanggar hukum internasional.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat Elizabeth Trudeau mengatakan Washington mengecam dan menolak dengan usulan tersebut.

“Kami berharap itu tidak menjadi undang-undang,” katanya sebagaimana dikutip reuters, Rabu (16/11/2016).

Trudeau menambahkan langkah Israel tersebut akan menjadi tindakan yang  tidak pernah terjadi sebelumnya dan langkah mengganggu yang tidak sejalan dengan opini hukum Israel sebelumnya dan juga melanggar kebijakan Israel untuk tidak membangun di lahan pribadi warga Palestina.

“Kebijakan Pemerintah AS mengenai permukiman Yahudi jelas. AS  percaya jika langkah itu diteruskan akan merusak upaya perdamaian,” imbuh Trudeau.

Meski pemerinta AS mengecam langkah Israel tersebut nyatanya Presiden Barack Obama masih menjalin hubungan erat dengan Israel. Buktinya belum lama ini Obama menandatangani kesepakatan pemberian bantuan militer terbesar sepanjang sejarah Amerika Serikat dengan pemerintahan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu. [ ]

 

Red:admin

Editor: iman

Foto: reuters

(Visited 1 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment