Apa itu Syafaat? Siapa yang Akan Mendapatkannya di Akhirat?

surga

Ustadz Aam yang saya hormati, mohon penjelasan apa sebenarnya yang dimaksud dengan syafaat. Terima kasih atas jawabannya.

 
Syafaat berasal dari kata syaf’un yang artinya menggenapkan, maksudnya Allah Swt menggenapkan/menyempurnakan pahala amal seorang hamba sehingga jumlah pahala hamba tersebut cukup untuk memasuki surga Allah Swt. Dari definisi itu, syafaat diartikan sebagai pertolongan Allah Swt yang diberikan kepada manusia di alam mahsyar karena amalan-amalan solehnya.

alquran muasir

Saya perlu memberikan ilustrasi pada persoalan ini, misalnya saya sedang antre di sebuah loket untuk membeli tiket, harga tiket itu sebut saja Rp.100 ribu, antrian anda berada di belakang saya. Begitu saya berhadapan dengan petugas di loket, saya tidak jadi beli tiket.

Kemudian anda bertanya: kenapa Pa Aam?
Saya jawab : ini uang saya ternyata cuma Rp. 97 ribu, sementara harga tiketnya Rp.100 ribu, saya mau ke ATM dulu mengambil uang.
Anda : Memang kurangnya berapa,
Saya : Rp. 3 ribu
Anda : sudahlah dari saya saja.

Dari pembicaraan ini anda menggenapkan jumlah uang saya, anda memberi saya Rp. 3 ribu sehingga akhirnya saya bisa membeli tiket yang harganya Rp.100 ribu. Karena uang saya cuma Rp. 97.000 maka anda memberi Rp. 3. 000 kepada saya untuk menggenapkan. Sehingga akhirnya saya bisa membeli tiket karena dibantu oleh anda Rp. 3 ribu rupiah. Itu namanya syafaat.

kalender

Itu kasus pertama, sekaang perhatikan kasus kedua. Kasusnya sama. Saya sedang antri di sebuah loket untuk membeli tiket, antrian anda di belakang saya, begitu giliran saya ternyata saya tidak jadi membeli tiket.

Anda bertanya: Pa Aam kenapa tidak jadi beli tiket?
Saya jawab : Iya saya buka dompet ternyata uang saya cuma Rp.5.000 padahal harga tiket Rp.100 ribu.
Dalam kasus kedua ini kekurangannya terlalu besar, maka anda tidak membantu saya karena uang saya cuma Rp. 5 ribu sementara harga tiketnya Rp. 100 ribu. Kali ini anda tidak mungkin menolong saya, akhirnya saya keluar dari antrian itu, mencari ATM untuk ngambil uang.

Ini dua macam kasus yang bisa kita perbandingkan. Kalau uang saya cuma Rp. 5.000 maka anda tidak mungkin membantu saya dengan Rp. 95.000, tetapi kalau uang saya Rp. 97.000 anda begitu mudah membantu saya karena kekurangannya cuma Rp. 3.000.

Ilustrasi ini memberikan gambaran bahwa di akhirat nanti ada orang yang mendapatkan syafaat.  Siapakah mereka?

 

HALAMAN SELANJUTNYA…>>

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment