Pengurus Masjid Istiqlal Keluhkan Demonstran Tak Jaga Kebersihan

wudhu

PERCIKANIMAN.ID-  Tumpleknya peserta demonstrasi di Masjid Istiqlal Jakarta pada hari Jumat (4/11/2016) ini menjadi tantangan tersendiri bagi pengurus masjid terbesar di Tanah Air itu.  Kedatangan ribuan peserta unjuk rasa dari berbagai penjuru daerah membuat kenyamanan di Masjid Istiqlal sedikit terganggu.

Menjelang shalat Jumat siang tadi, toilet dan tempat wudhu dipenuhi banyak orang. Jamaah yang akan menggunakan toilet harus rela mengantre selama kurang lebih 15 menit hanya untuk urusan mandi, cuci, kakus atau MCK.

alquran muasir

Wakil Kepala Seksi Humas Mesjid Istiqlal Abu Hurairah mengaku telah mengimbau jamaah  yang memenuhi masjid untuk menghemat penggunaan air. Maklum, Abu khawatir mesin air mati tiba-tiba karena penggunaan air yang berlebihan.

“Yang kami takutkan airnya. Biasanya kan mesin air di Istiqlal mati setiap pukul 22.00 WIB. Dihidupkan lagi satu jam sebelum subuh. Takutnya (mesinnya) panas. Kalau putus kan enggak lucu, air jadinya enggak ada,” kata Abu di kompleks Mesjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Jumat (4/11/2016).

Dari pengamatan Abu, ada segelintir pendemo yang tidak mematikan air usai mengambil wudhu. Sehingga air menjadi boros.

kalender

“Kalau sekarang kan 24 jam mesin air enggak mati. Jadi diimbaulah untuk jemaah irit-irit pakai air. Tadi saya lewat di tempat wudhu, air didiamkan aja keluar terus,” keluh Abu.

Abu juga menyesalkan banyaknya para peserta unjuk rasa yang bertandang ke Masjid Istiqlal tidak menjaga kebersihan. Mereka, sambung Abu, banyak meninggalkan sisa makanan dan air mineral.

“Imbauan sudah dari kemarin kita kasih tahu. Malu kita itu. Kan kita semua yang datang ke sini harusnya menjunjung tinggi kebersihan. Tapi kok ini abis makan seenaknya aja, sisa-sisa makanan enggak dibuang, botol minuman juga. Dari sebelum subuh kami sudah teriak-teriak,” curhat Abu.

Sumber : Liputan6

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment