Tahun Depan, Bandung Ingin Berlabel “Kota Halal”

logo produk halal

PERCIKANIMAN.ID – Pada tahun 2017, seluruh restoran di Bandung diharapkan sudah memiliki jaminan produk halal. Untuk itulah, Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Industri, dan Perdagangan (KUKM Indag) mengimbau kepada para pengusaha restauran di Kota Kembang untuk mengurus segala macam persyaratan untuk mendapatkan sertifikasi dan label halal.

“Target tahun depan kita ingin Bandung masuk sebagai kategori kota halal. Kita sudah bicara ke MUI dan mereka siap support, tinggal pelaku UKM-nya,” ujar Kepala Dinas KUKM-Indag Kota Bandung Eric M. Attaurik di Jalan Dipatiukur, Bandung, Jumat (28/10/2016).

alquran muasir

Ia menambahkan, sertifikasi halal merupakan salah satu fasilitas untuk memberikan jaminan kepada wisatawan. “Wisatawan dari luar seperti Timur Tengah dan negara muslim lainnya menginginkan garansi produk yang mereka makan halal,” ujarnya.

Eric mengakui jika panjangnya proses pembuatan label Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) menjadi kendala yang dihadapi pengusaha restoran. PIRT menjadi salah satu syarat mendapatkan label halal. Namun berkat koordinasi dengan Dinkes dan MUI, label halal bisa diperoleh dengan cepat oleh Dinas KUKM-Indag tanpa harus menunggu nomor PIRT keluar.

“Setelah berkoordinasi dengan Dinkes dan MUI, dengan hanya resi PIRT sudah bisa diproses label halalnya,” ucap Eric.

kalender

Eric menambahkan, label halal tidak hanya memberikan jaminan kepada konsumen. Label halal malah akan meningkatkan daya saing dalam bidang usaha kuliner. “Kalau ke Hong Kong kita cari rumah makan halal. Negara non-muslim saja sudah mengembangkan label halal.”

Sumber : Tempo

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment