Terbebani dengan Zakat dan Pajak, Bagaimana Solusinya?

zakat

Pa ustadz, kebetulan saya seorang pengusaha yang dalam rentang waktu tertentu diharuskan membayar pajak. Sebagai warga negara yang baik, saya selalu ta’at membayar pajak. Tapi sebagai Muslim, saya juga mempunyai kewajiban zakat. Ya, sebagai manusia biasa saya merasa keberatan kalau harus mengeluarkan prosentase penghasilan saya dalam angka cukup lumayan. Bagaimana yang seharusnya saya lakukan pa ustadz, dan bagaimana pula hubungan zakat dengan pajak? mohon penjelasannya!
Terima kasih!

 

 

Sdr. yang dirahmati Allah, barangkali maksud dari pertanyaan anda mengenai hubungan zakat dengan pajak adalah apakah pengeluaran seseorang atau perusahaan yang membayar zakat dapat mengurangi beban pajak yang harus dibayar.

alquran muasir

Sepanjang yang saya tahu, pemerintah telah membuat peraturan seputar permasalahan seperti yang anda tanyakan dan anda dapat menanyakannya langsung pada pihak yang bersangkutan. Terlepas dari peraturan yang ada, dalam tinjauan Islam, pajak dan zakat tentu saja dua hal yang berbeda.

Zakat adalah ibadah maaliyah yang mempunyai dimensi dan fungsi sosial ekonomi atau pemerataan karunia Allah SWT dan juga merupakan perwujudan solidaritas sosial, pernyataan rasa kemanusian dan keadilan, pembuktian persaudaraan Islam, pengikat persatuan ummat dan bangsa, sebagai pengikat bathin antara golongan kaya dengan yang miskin dan sebagai penimbun jurang yang menjadi pemisah antara golongan yang kuat dengan yang lemah.

Sementara pajak kurang lebih merupakan peran serta warga negara untuk membantu pemerintah dalam melakukan pembangunan. Warga negara yang terkena wajib pajak berarti kewajiban warga tersebut untuk membayar sejumlah uang kepada pemerintah berdasarkan atura-aturan yang sudah ditetapkan.

kalender

Membayar zakat adalah kebajikan dan berpahala luar biasa di hadapan Allah SWT. Membayar pajak adalah kebaikan untuk menjaga kesinambungan pembangunan negara yang semoga diridhai Allah.

Membayar kedua-duanya tentu bukan kerugian selama dalam batas perhitungan yang wajar. Dan saya do’akan, semoga usaha anda tetap lancar dan diberkahi Allah dengan rezeki yang luas. Amiin. Wallahu a’lam

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment