Cuci Tangan, Perilaku Sehat Yang Masih Disepelakan

cuci tangan

Oleh: dr. Zulaehah Hidayati*

 

PERCIKANIMAN.ID – – Allah SWT lebih menyukai muslim yang kuat dibanding muslim yang lemah. Salah satu yang harus kuat adalah badannya. Badan yang kuat bisa dimilliki oleh seorang muslim itu sehat.

alquran muasir

Menjadi sehat adalah hasil dari sebuah perilaku sehat. Perilaku sehat antara lain makan bergizi yang cukup dan teratur, cukup istirahat, rajin berolah raga, mengelola stress, dan menjaga kebersihan. Ternyata menjaga kebersihan adalah salah satu bentuk perilaku sehat yang penting.

Sebagian dari penyakit yang diderita oleh manusia adalah penyakit infeksi. Penyakit infeksi adalah penyakit yang disebabkan oleh kuman penyakit (bakteri, virus, jamur, parasit). Kuman-kuman tersebut ada dimana-mana dan bisa menyebabkan sakit bila masuk ke dalam tubuh manusia dalam jumlah tertentu yang sudah mengganggu. Hal ini berarti, bila kuman tersebut tidak masuk ke dalam tubuh ataupun jumlahnya sedikit, seorang manusia bisa tetap sehat (tidak sakit).

Cara mencegah kuman masuk ke dalam tubuh adalah mudah. Di antara semua tempat masuk kuman ke dalam tubuh, ternyata yang paling banyak menjadi media pengantar adalah kedua tangan. Oleh karena itu, menjaga agar kedua tangan bersih dari kuman merupakan sebuah perilaku sehat.

kalender

Berdasarkan penelitian WHO, ternyata rajin mencuci tangan adalah salah satu cara yang efektif untuk mencegah penularan berbagai penyakit. Mencuci tangan biasa dilakukan menggunakan air. Tapi, ternyata banyak kuman yang masih menempel di tangan. Penggunaan sabun dapat membersihkan lemak-lemak yang membuat kuman menempel, sehingga disarankan untuk mencuci tangan itu harus menggunakan sabun dan air sebagai pelarutnya.

Cara cuci tangan yang baik dan benar

Agar tangan kita bersih dari kuman, selain penggunaan sabun dan air, tentunya caranya pun harus benar agar seluruh permukaan tangan bersih. WHO memiliki arahan teknik gerakan untuk membuat seluruh permukaan tangan terkena sabun dan air. Ada 6 langkah gerakan yang dilakukan setelah tangan dibilas dengan air dan diberi sabun cair secukupnya.

  1. Ratakan dengan kedua telapak tangan
  2. Gosok punggung dan sela-sela jari tangan kiri dengan tangan kanan dan sebaliknya
  3. Gosok kedua telapak dan sela-sela jari
  4. Jari-jari dalam dan kedua tangan saling mengunci
  5. Gosok ibu jari kiri berputar dalam genggaman tangan kanan dan lakukan sebaliknya
  6. Gosokkan dengan memutar ujung jari-jari tangan kanan di telapak tangan kiri dan sebaliknya

Setelah keenam gerakan tersebut, bilas tangan dengan air mengalir kemudian keringkan dengan tissue atau handuk sekali pakai. Gunakan tissue atau handuk tersebut untuk menutup kran dan  sekarang kedua tangan kita bersih dari kuman-kuman penyebab penyakit. Pada cuci tangan ini disarankan menggunakan sabun cair karena lebih mudah larut dengan air dan lebih higienis.

Waktu-waktu penting kita harus mencuci tangan yaitu :

  1. Sebelum makan
  2. Sesudah Buang Air Besar
  3. Sebelum memegang bayi
  4. Sesudah menceboki anak
  5. Sebelum menyiapkan makanan

Untuk menghindari berbagai kasus penularan kuman dari hewan, kita juga perlu mencuci tangan dengan sabun dan  air setelah memegang hewan.

Perilaku sehat mencuci tangan dengan sabun dan air pada waktu-waktu penting dengan cara yang benar akan membuat kita terhindari dari berbagai penyakit, tubuh lebih sehat dan menjadi muslim yang kuat. Yuk hidup sehat dengan rajin mencuci tangan dengan sabun dan air. Selamat mencoba. [ ]

*Penulis adalah dokter sekaligus pendiri komunitas rumah parenting, narasumber dan penulis buku.

dr zule 2

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

Bagi pembaca yang  punya hobi menulis dan ingin dimuat di www.percikaniman.id bisa mengirimkan tulisannya  ke email: redaksi@percikaniman.id atau: mapionline2015@gmail.com  . Jadilah pejuang dakwah melalui tulisan-tulisan yang inspiratif,motivatif dan edukatif serta penyebar amal saleh bagi banyak orang. Bergabunglah bersama ribuan pembaca dalam menebar kebaikan.

 

 

 

 

 

 

 

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment