Cegah Anak Obesitas? Biarkan Sejenak Ia Bermain Di Luar

anak main

PERCIKANIMAN.ID – – Masalah obesitas kini sudah mulai mengancam anak-anak. Orangtua bagaimanapun caranya harus mencegah. Salah satu caranya yaitu biarkan anak bermain di luar ruangan tanpa bersentuhan dengan gadget.

 
Ya, semakin majunya teknologi menambah deretan kasus anak-anak dengan masalah obesitas. Anak jadi malas bergerak karena terlalu asyik bermain lewat gadget. Di sela-sela bermain, pasti ada camilan yang mendampinginya. Hal ini semakin memicu terjadinya obesitas pada anak dalam waktu cepat.

alquran muasir

 
Namun hal ini bisa dicegah dengan cara membiar sejenak anak-anak bermain di luar rumah. Menurut Spesialis Kesehatan Olahraga dr M Triangto SpKO, sebaiknya para orangtua memberikan anak-anak waktu satu jam untuk bermain di luar ruangan. Jika perlu terapkan olahraga ringan sebagai aktivitas fisiknya.

 
“Satu jam adalah batasan untuk olahraga dan bermain di luar ruangan misalnya. Satu jam bergerak aktif akan membuat anak capek. Kegiatan itu dapat membakar kalorinya,” jelasnya dikutip dari okezone

 
Namun, tambah dia, jika anak-anak tidak mampu menjalankan aktivitas fisik, terutama olahraga selama satu jam jangan dipaksakan. Ajari dia secara bertahap agar tidak membuatnya jengah.

kalender

 
“Anak juga enggak bisa kita paksakan bermain satu jam penuh. Cukup mulai 15 menit bisa, asal dia mau bergerak. Selanjutnya, waktu akan menyesuaikan sendiri,” imbuhnya.

 
Biasanya, olahraga atau bermain yang paling menyenangkan bagi anak adalah bersepeda, berenang, lari-larian bersama teman sebayanya, atau lompat sesuai kemauannya. Jadi orangtua jangan takut anak-anak takut bajunya kotor dengan bermain. Jika dari baju yang kotor tersebut anak menjadi sehat maka itu lebih baik, sementara baju yang kotor tinggal di cuci. [ ]

 

Red: admin
Editor: iman
Ilustrasi foto: pixabay

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment