Walikota Bandung dan Tokoh Lintas Agama Hadiri Deklarasi BUNKRI

deklarasi bunkri

PERCIKANIMAN.ID – – Walikota Bandung Ridwan Kamil menghadiri acara “Deklarasi Bandung Untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia“ (BUNKRI) di Stadion Siliwangi, Minggu (30/10/2016). Dalam sambutannya pria yang akrab di panggil Emil ini menyampaikan bahwa kemerdekaan yang diraih bangsa Indonesia bukan hadiah dari penjajah melainkan hasil perjuangan rakyat Indonesia yang ditebus dengan keringat, harta, darah bahkan nyawa.

“Untuk itulah sebagai generasi penerus bangsa, kita harus mempertahakan keutuhan NKRI untuk selamanya,”ajaknya.

alquran muasir

Ia juga mengajak kepada warga Bandung khususnya agar tetap menjaga sikap saling menghormati dan toleransi kepada sesama warga Negara Indonesia tanpa melihat perbedaan suku, agama, ras dan golongan.

Dalam kesempatan tersebut juga dibacakan teks “  Deklarasi Bandung Untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia”.

naskah deklarasi bunkri
seorang peserta turut membaca naskah deklarasi BUNKRI

Sebelumnya sempat beredar himbauan penolakan dari masyarakat untuk tidak menghadiri deklarasi BUNKRI karena diindikasikan ditunggangi kelompok atau komunitas tertentu yang tidak sejalan dengan akidah Islam seperti Syiah. Namun Inge Bunga Vanda Suprayogi selaku Ketua Pelaksana membantah tudingan tersebut.

kalender

“Acara ini tidak diselenggarakan kelompok keagamaan tertentu. Deklarasi ini disupport oleh pemerintah dan didukung oleh masyarakat,”jelasnya usai acara.

Namun Inge juga mengaku dirinya mendapat masukan dan himbauan agar acara deklarasi BUNKRI dibatalkan atau dirinya mengundurkan diri jadi ketua pelaksana.

“Banyak dari teman-teman termasuk ustadz-ustadz meminta saya mundur namun saya tegaskan saya ga mungkin mundur. Saya bertanggung jawab pada banyak orang,”ujarnya.

Ia menjelaskan acara tersebut bertujuan untuk kedamaian dan keutuhan NKRI. Pihak panitia sendiri telah mengundang sekira 400 komunitas  termasuk ormas keagamaan. Ia juga mengaku acara tersebut dihadiri perwakilan tokoh agama yang ada di Indonesia seperti Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha serta LSM, komunitas dan organisasi kepemudaan.

“Ada dari FKUB termasuk ormas-ormas Islam dan mejelis taklim kita undang .Acara ini akan menjadi agenda tahunan,”pungkasnya.

Sebelum dan sesudah acara percikaniman.id sempat konfirmasi kepada beberapa pengurus Ormas Islam di Kota Bandung dan menegaskan ormasnya tidak mendapat undangan. Bahkan beberapa dari mereka mengaku meski pun undangan tidak akan menghadiri acara tersebut.

Sementara pantauan dilokasi acara selain dihadiri massa dari beberapa elemen, komunitas, LSM maupun ormas kepemudaan juga terlihat hadir pengurus dari Yayasan Muthahhari, IJABI dan peserta yang mengenakan kaos bertuliskan “Ahlul Bait Indonesia”. Acara ditutup dengan doa yang bacakan oleh Ketua FKUB Kota Bandung dan dilanjutkan dengan berbagai pentas seni. [ ]

Rep: iman

Editor: candra

 

 

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment