Wanita Lebih Panjang Umur? Ini Faktanya

pengajian

PERCIKANIMAN.ID – – Allah Swt telah menciptakan makhluk dengan sempurna yang salah satunya adalah dengan berpasang-pasangan. Semua mempunyai kelebihan atas sebagian yang lainnya. Namun hal ini bukanlah menjadikan berbedaan melainkan saling melengkapi. Secara khusus tentang potensi manusia ini dapat kita simak dalam Al Quran,

Laki laki adalah pemimpin bagi wanita karena Allah telah melebihkan sebagian diatas sebagian lain”. (QS. An-Nisa: 34)

alquran muasir

At-Thobary dalam tafsir Jami’ul-Bayan menyebutkan bahwa laki-laki dilebihkan dari wanita karena memberi nafkah dan mahar. Tafsir Al-Wadih karya Al-Hijazy memberi alasan karena laki2 lebih kuat fisiknya. Sedangkan Ibnu Abbas dalam tafsir Tanwirul-Miqbas beralasan bahwa laki2 lebih berakal dari wanita. Alasan2 tadi saat ini sebagian besar sudah tidak tepat lagi.

Sekarang wanita karir banyak yang punya nafkah sendiri , terkadang lebih kaya dari suaminya. Mahar pernikahan sekarang bisa sangat murah: hanya seperangkat alat shalat dibayar tunai. Banyak ilmuwan wanita yang kecerdasannya sama dengan laki-laki bahkan lebih. Juga  banyak atlit wanita lebih kuat dari laki-laki biasa.

Ada lagi kelebihan wanita, ternyata wanita sekarang lebih panjang umurnya dibanding laki-laki. Seperti yang dilaporkan dalam usjournal, dimana data dari CIA  untuk tahun 2013, harapan hidup wanita seluruh dunia rata2 adalah 70,24 tahun dibanding laki2 yang hanya 66,09 tahun.  Untuk Jepang wanita 87,71 tahun, laki2 80,85 tahun. Amerika Serikat 81,17 tahun, laki2 76,19 tahun. Indonesia wanita 74,59 tahun, laki2 69,33 tahun.

kalender

Mengapa harapan hidup wanita lebih panjang ? Prof Katsuiku Hirokawa  dan tim dari Tokyo Medical & Dental University menganalisa sampel darah dari 356 pria dan wanita berusia antara 20 sampai 90 tahun. Dalam laporan yang dipublikasikan osakatoday tersebut mereka mengukur sel darah putih dan molekul cytokines yang berinteraksi dalam sitemkekebalan yang mengatur reaksi tubuh terhadap penyakit. Ternyata jumlah sel darah putih manusia berkurang seiring bertambahnya usia.

Kemudian diketemukan bahwa pengurangan itu berbeda antara pria dan wanita, yakni pada sel-T yang menjaga tubuh terhadap infeksi, dengan sel-B yang mengeluarkan antibodi. Pada laki-laki sel-T dan sel-B lymposit menurun lebih cepat. Juga dua tipe sistem kekebalan spesifik yang menyerang pendatang: sel-sel CD4T dan sel-sel pembunuh alami meningkat lebih cepat pada wanita seiring bertambahnya usia. Temuan ini mengindikasikan bahwa perlambatan menurunnya parameter kekebalan pada wanita dibanding pada pria adalah konsisten dengan fakta bahwa wanita hidup lebih lama daripada pria.

Dr.Donald Palmer dari Royal Veterinary College mengatakan bahwa penelitian pada tikus juga menunjukkan hasil serupa. Kesimpulannya ialah bahwa wanita bisa hidup lebih lama karena sistim kekebalan mereka lebih lambat menjadi tua dibanding pria. Ketika ketahanan tubuh pria melemah dari waktu kewaktu, ancaman terserang penyakit semakin meningkat yang menyebabkannya lebih cepat mati. Karena jumlah wanita akan terus menerus lebih banyak , kalau dibiarkan secara demokratis mereka akan terpilih menjadi pemimpin disemua bidang.

Kalau semua wanita sibuk memimpin, maka tugas utama wanita yakni reproduksi dan pembinaan keimanan generasi  penerus akan cenderung terbengkalai. Barangkali disinilah Allah melakukan intervensi. Maka ayat tadi bisa juga dimaknai begini: Baik laki-laki maupun wanita punya kelebihan masing-masing terhadap yang lain, namun Allah menetapkan demi kelangsungan spesies manusia, bahwa laki-laki lah yang jadi pemimpin dari skala yang kecil maupun besar . Namun yang harus kita yakini terkait umur adalah rahasia Allah Swt. Wallahu a’lam. [ ]

 

Red: navisah & aika

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment