Ratusan Generasi Muda Islam Jabar Tuntut Ahok Segera Diadili

demo ahok

PERCIKANIMAN.ID – – Meski diguyur hujan lebat, ratusan santri, pelajar, mahasiswa dan pemuda dari berbagai elemen dakwah dan Ormas Islam Jawa Barat tetap semangat melakukan aksi turun ke jalan, Jum’at (28//10/2016). Mereka dari berbagai elemen seperti elemen pelajar terdiri dari: Pelajar Islam Indonesia (PII), Brigade PII, Ikatan Pelajar Muhammadiyyah (IPM), Hizbul Wathan, Tapak Suci, Pandu Hidayatullah, Hijar PUI, Pelajar Darul Hikam, SMA Bina Muda, SMA/SMK DT. Elemen mahasiswa terdiri dari: Kesatuan Aksi Mahasiswa Islam Indonesia (KAMMI), Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), Himpunan Mahasiswa (Hima) PUI, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Front Mahasiswa Islam (FMI), Lingkar Mahasiswa Islam Transformasi Sosial (Limits).

Sementara dari elemen  santri: Front Santri Indonesia, Pondok Qur’an, Santri Siap Guna Daarut Tauhiid (SSG DT) sementara elemen pemuda terdiri dari : Pemuda Muhammadiyyah, Syabab Hidayatullah, Gema Keadilan, Gerakan Pemuda Islam Indonesia (GPII), Pemuda PUI, Pemuda Persis, Pemuda Hisbah, Badan Koordinasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI), Nasiatul Aisyiah (NA) dan Generasi Muda Matla’ul Anwar (Gema MA).

alquran muasir

Bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda “, mereka melakukan “Aksi Bela Islam & Indonesia Bersama Generasi Muda Jabar” dalam menuntut Basuki Tjahaya Purnama (Ahok ) selaku Penghina Al Qur’an dan Penista Agama Islam ditetapkan sebagai tersangka.  Aksi dimulai usai sholat Jum’at di Masjid Pusdai Jabar kemudian Longmarch ke Gedung Sate di Jalan Diponegoro Kota Bandung.

pemuda muhammadiyah jabar
Elemen pemuda muhammadiyah jabar

Dalam orasinya mereka menuntut aparat kepolisian untuk segara menangkap Ahok dan memprosesnya sesuai aturan yang berlaku. Menurut mereka tuntutan tersebut murni dari kalangan generasi muda Islam untuk tegaknya supremasi hukum di Indonesia.

“Aksi ini tidak ada kaitannya denga politik atau karena Ahok sebagai gubernur atau calon gubernur. Ini adalah murni tuntutan ummat Islam yang berlangsung bukan hanya di Bandung tetapi di seluruh Indonesia,”ujar satu orator dari kalangan mahasiswa.

kalender

Salah seorang orator bahkan menegaskan jika pemerintah dalam hal ini aparat kepolisian tidak berani atau enggan menangkap dan mengadili maka jangan salahkan jika Ummat Islam sendiri yang akan menangkap dan mengadili Ahok.

“Aksi ini bukan main-main, meski aksi kita di Bandung hanya segini namun diberbagai daerah juga melakukan hal yang sama. Jika polisi tidak berani menangkap Ahok maka biarkan ummat Islam yang melakukan,”ujarnya yang disambut dengan takbir.

Elemen santri, pelajar, mahasiswa dan pemuda Islam Jabar
Elemen santri, pelajar, mahasiswa dan pemuda Islam Jabar

Usai melakukan orasi di depan Gedung Sate, massa Islam melanjutkan ke depan Gedung DPRD Jabar yang tak jauh dari Gasibu. Di depan Gedung DPRD Jabar beberapa elemen mahasiswa dan pemuda Islam kembali melakukan orasinya dan meminta dukungan dari para anggota dewan yang juga merupakan wakil rakyat.

Massa kemudian melanjutkan aksinya dengan longmarch menyusuri jalan-jalan utama Kota Bandung. Sepenjang jalan massa meneriakkan yel-yel “tangkap dan adili Ahok si penista Al Quran”. Aksi diakhiri dengan orasi di depan Gedung Merdeka di Jl.Asia Afrika.

Beberapa peserta nampak membentangkan spanduk dan poster seperti ”Segera Tangkap Ahok Si Penista Al Quran”, “ Kapolri Harus Berani Tangkap Ahok”,  “ Indonesia Tak Butuh Penista Al Quran”, “Ahok Biang Kerok Indonesia dan Ummat Islam” dan sebagainya. [ ]

Rep: iman

Editor: candra

 

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment