Mendidik Anak Agar Santun, Terapkan Pola Asuh Ini

anak-anak

PERCIKANIMAN.ID – -Setiap orangtua pasti anak-anaknya mempunyai sikap sopan santun kepada siapa pun terlebih kepada kedua orangtuanya serta anggota keluarga yang lebih tua. Nilai moral sangat penting dimiliki seorang anak yang kelak juga akan menjadi dewasa. Hal ini penting ditanamkan kepada anak sejak dini agar mereka meliki sikap sopan dan santun dalam berbicara dan bersikap khususnya dalam lingkungan keluarga, di sekolah dan di masyarakat.

Ada beberapa nilai moral mendasar yang wajib diajarkan kepada anak agar mereka mampu bertahan di lingkungan sosial yang mungki tak bayangkan dan diharapkan sebelumnya. Seperti dipaparkan parentmodern yang menyebut  ada empat prinsip nilai moral dasar yang wajib diajarkan pada anak. Sebab, itu adalah bekal sebagai makhluk sosial untuk berada di mana pun.

alquran muasir
  • Meminta ijin

Meski barang-barang di rumah adalah “milik” bersama untuk memainkannya namun terkadang ada anak yang menganggap mainan itu miliknya. Sebaiknya sebelumnya memainkannya baik kakak atau adiknya untuk meminta ijin jika ingin memakainya. Dengan meminta ijin maka anak-anak belajar menghormati kepemilikan orang lain termasuk saudara sendiri.

  • Meminta maaf

Tak selamanya sebuah permainan bersama diakhiri dengan tawa bahagia, ada kalanya diselengi dengan “rebutan” mainan yang membuat salah satu atau keduanya menjadi menangis. Jika itu terjadi maka  meminta maaf dalan saling memaafkan adalah cara meredam emosi berkelanjutan. Meminta mengajarkan anak berjiwa besar, menyadari kesalahan, bertanggung jawab, dan empati terhadap orang lain.

  • Meminta tolong

Sebagai makhluk sosial kebutuhan kita dapat terpenuhi karena dikerjakan orang lain. Tidak semua keinginan anak dapat dikerjakan sendiri maka ia perlu bantuan anggota keluarga lainnya. Penting sekali mengajarkan anak mengucapkan kata, “Tolong” ketika mereka butuh bantuan orang lain. Anak-anak menjadi terlatih untuk berlaku sopan, rendah hati, dan tidak seenaknya menyuruh-nyuruh orang lain.

kalender
  • Mengucapkan terima kasih

Ajarkan ia untuk selalu mengucapkan terima kasih setiap bantuan atau kebaikan dari orang lain yang ia terima. Belajar bersyukur atau berterima kasih adalah suatu pengakuan dalam menerima kesejahteraan. Contoh, mengucapkanpkan  terima kasih setelah mendapatkan bantuan atau pemberian dari orang lain meski itu dari kakak, adik,ayah,ibu dan sebagainya. Berterima kasih adalah salah satu bentuk ungkapan penghargaan kepada orang lain meski hanya sekedar lisan.

Red:admin

Editor: iman

Ilustrasi foto: norman

 

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment