Hormati Muslim, Maskapai Jepang Sediakan Makanan Halal Saat Penerbangan

jal-1

PERCIKANIMAN.ID – – Jepang memang bukan salah satu negara yang mayoritas menganut agama Islam, tapi perkembangan Islam di “Negeri Sakura” menunjukkan perkembangan yang signifikan. Setiap tahun ribuan turis muslim datang ke salah satu negara termaju di Asia tersebut. Potensi inilah yang ditangkap salah satu maskapai Jepang yakni Japan Airline (JAL) untuk menyajikan makanan halal saat penerbangan.

Seperti dilansir dari situsnya de.jal.com , Rabu (25/10/2016) Japan Airlines resmi mengumumkan untuk menyajikan makanan halal selama perjalanan menggunakan maskapai ini. Terhitung mulai pertengahan 2016, maskapai asal Negeri Sakura ini mulai menyediakan makanan halal untuk muslim pada penerbangan internasional dari Jepang.

alquran muasir

Hal ini adalah langkah lanjutan setelah maskapai ini menerima sertifikat halal dari Japan Islamic Trust. Maskapai ini sudah mendapat sertifikasi untuk seluruh sistem pengolahan menu halal. Untuk peralatan makan yang digunakan pada makanan halal ini juga tergolong khusus dan hanya sekali pakai. Hal ini menjamin jika alat makan tidak dikelola bercampur dengan alat makan dari makanan non halal.

Uniknya maskapai terbesar di Jepang ini juga memiliki dapur pengolahan sendiri yang khusus mengolah makanan halal jadi resiko kontaminasi antar makanan hampir tidak akan terjadi. Ini menjadi salah satu langkah bagi perusahaan penerbangan ini untuk memberikan layanan prima kepada penumpangnya khususnya pemeluk agama Islam.

jal-2

Seperti diberitakan sebelumnya  Kepala Departemen Pendidikan Nippon Asia Halal Association (NAHA) Jepang Haji Kyoichiro Sugimoto menyampaikan bahwa dalam beberapa tahun terakhir ini tuntutan kaum muslim di Jepang untuk ketersediaan produk halal semakin tinggi.

kalender

Kyoichiro menambahkan dengan meningkatnya populasi Muslim di dunia juga pertumbuhan ekonomi negara-negara Muslim maka juga membuka peluang  dalam meningkatkan wisatawan Muslim dan mahasiswa dari Negara-negara muslim ke Jepang. Selain itu saat ini di Jepang sudah ada perguruan tinggi Islam yang diberi nama Arabic Islamic Institute Tokyo. Dari lembaga pendidikan inilah nantinya diharapkan akan lahir inovator handal dalam masalah kehalalan di Jepang dalam segala aspek.

“Turis dan pelajar muslim inilah salah satu target kami dalam memberikan layanan sesuai syariat Islam khususnya dalam hal makanan dan minuman selama mereka di Jepang,”ungkap Kyoichiro  saat menjadi nara sumber dalam acara “The First Padjadjaran International Conference on Halal Innovations” Kampus Universitas Padjadjaran Jatinangor -Sumedang, Kamis (13/10/ 2016) yang lalu. [ ]

 

Red: admin

Editor: iman

Ilustrasi foto: de.jal.com

 

 

 

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment