Inilah 5 Fakta Seputar Bahasa yang Perlu Anda Tahu

bertengkar

Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.” (Q.S. Al-Hujuraat [13]: 49)

Salah satu sarana untuk saling mengenal antar suku atau bangsa di dunia adalah dengan berkomunikasi melalui bahasa tertentu. Setiap suku atau bangsa memiliki bahasanya sendiri, sehingga beragamnya suku dan bangsa membuat beragam pula bahasa yang dipergunakan. Namun demikian, hal tersebut bukanlah alasan bagi kita untuk saling mengenal. Berikut beberapa fakta seputar bahasa yang layak untuk diketahui.

alquran muasir

1. Tahukah Anda bahwa selain digunakan untuk bernafas, udara juga berperan dalam terciptanya suatu bahasa? Karena bahasa pertama-tama bersifat bunyi, maka dengan singkat dapat dikatakan bahwa sistem alat ujar manusia dapat menghasilkan bunyi ujar apabila artikulator (lidah/bibir) dan titik artikulasi (gigi/alveolum/langit-langit) difungsikan oleh udara.

Secara sederhana dapat dikatakan bahwa bunyi ujar merupakan bunyi-bunyi yang belum mengalami konvensi (kesepakatan), sedangkan bahasa merupakan bunyi-bunyi yang sudah mengalami konvensi. Setiap ujaran belum tentu bisa dikategorikan sebagai bahasa, tetapi setiap bahasa sudah tentu bisa dikatakan sebagai ujaran. Bebunyian yang dihasilkan oleh semua alat ucap manusia dapat disamakan dengan alat musik seruling dalam hal menghalangi, mengambat, menggetarkan, dan menyempitkan udara yang dikeluarkan.

2.  Tahukah Anda bahwa pada hakekatnya bunyi bahasa di dunia ini tidak ada yang keluar dari bunyi-bunyi abjad A sampai Z, meskipun cara pengodeannya berbeda-beda seperti bahasa Arab yang menggunakan huruf Arab, bahasa Jepang yang menggunakan huruf kanji/hiragana, dan bahasa Rusia yang menggunakan huruf sirilik? Hal ini tidak hanya terbatas pada bunyi bahasa saja, tetapi juga tercontohkan pada semua bunyi.

kalender

3. Tahukah Anda bahwa bunyi konsonan tidak bisa diujarkan tanpa bunyi vokal? Di dalam ilmu fonetik, apabila terdapat hambatan atau rintangan antara paru-paru dengan udara yang akan dikeluarkan, maka akan dihasilkan artikulasi bunyi-bunyi kontoid. Apabila secara relatif tidak ada hambatan atau rintangan antara paru-paru dengan udara yang akan dikeluarkan, maka akan dihasilkan artikulasi bunyi-bunyi vokoid. Sebagai bunyi ujar yang tercipta lewat adanya hambatan fisiologis, huruf-huruf kontoid bisa disama-artikan dengan sebuah usaha pelepasan bunyi vokoid yang mengalami hambatan sesudahnya (f, l, m, n, r, s, x) dan bunyi vokoid yang mengalami penghambatan sebelumnya (b, c, d, g, h, j, k, l, p, q, r, s, t, v, w, y, z).

4. Tahukah anda kalau sistem tulisan bahasa Inggris merupakan sistem tulisan yang sangat buruk? Tanda [e], [ee], [ea], dan [eo] dipakai untuk mewakili bunyi [i]. Contoh: regent, flee, flea, receive, people, dan receipt. Sebaliknya, bunyi mewakili bunyi-bunyi [-əf], [-ou], dan [-əp]. Contoh: tough, through, though, dan hiccough.

5. Tahukah anda kalau kuantitas, tekanan, nada, dan jeda di dalam suatu bahasa amat mempengaruhi arti tiap kata? Bunyi bahasa bisa terdengar panjang atau pendek, nyaring atau tidak nyaring, tinggi atau rendah, berjeda atau tidak, semua bergantung dari kalimat yang akan dinyatakan si penutur. Masalahnya, sebagai alat sekunder dari bahasa yang bersifat audio, sistem tulisan diakritik suatu bahasa yang sudah ada belum bisa mewadahi setiap kesan yang diciptakan oleh si penutur.

Dan tahukah Anda kalau manusia di dunia ini tidak bisa berpikir tanpa bahasa. Coba pikirkan satu hal tanpa menggunakan bahasa. Tidak menemukan satu ide pun, bukan? (Shamil & Muslik)

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment