Tips Membantu Anak Ketika Stres

53

PERCIKANIMAN.ID – – Maraknya aksi kekerasan yang melibatkan umat muslim terkadang membuat anak cemas. Bahkan aksi kekerasan tersebut hingga ditayang televise secara live. Kondisi ini tentu sangat tidak baik bagi perkembangan mental anak. Anak akan mengalami masa-masa sulit ketika dihantui perasaan takut. Bahkan, mereka bisa mengalami stress atau depresi. Oleh sebab itu, orangtua perlu menolong dan memberi penjelasan akan hal yang sebenarnya terjadi pada anak-anak. Seperti dikutip parentmoslem, Senin (24/10/2016), maka inilah beberapa cara yang bisa dilakukan orangtua ketika anak stres karena cemas dan takut.

Bicara, peluk, dan bicara

alquran muasir

Satu-satunya cara untuk dapat mengetahui bagaimana stres atau kecemasan anak adalah dengan berkomunikasi secara terbuka dengan mereka. Ketika mereka pulang dari sekolah, ajukan pertanyaan terbuka. Beri pertanyaan spesifik, apakah ia menderita stress atau trauma karena lingkungan politik  yang sedang terjadi saat ini? Orangtua mungkin perlu terlibat untuk melindungi anak dari tindakan bullying.

Tempatkan anak di bawah perlindungan Allah

Ini adalah cara terbaik untuk meminta perlindungan yakni kepada Allah Swt selaku Pemilik dan Pencipta alam raya dan segala isinya termasuk manusia. Tenang hatinya dan beri pemahaman bahwa ada Allah yang selalu melindungi hamba-Nya. Hal ini juga diajarkan dalam Al Quran dimana kita selalu diminta berlindung kepada Allah dari godaan dan tipu daya setan seperti dalam Surat An-Naas.

kalender

Beri kenyamanan

Yakinkan anak bahwa ayah bunda berada di sana untuk dia. Seperti yang dilakukan Khadijah istri Rasulullah yang selalu menghibur dan mendukung ketika orang lain yang melawan atau menolak dakwah Rasulullah. Lakukan hal yang sama untuk putra-puri  Anda. [ ]

 

Red: admin

Editor: iman

Ilustrasi foto: norman

 

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment