Khasiat Buah Delima Dari Mencegah Infeksi Hingga Menjernihkan Suara

delima

PERCIKANIMAN.ID – – Bila Anda berjalan-jalan ke beberapa kota di Indonesia seperti Aceh, Medan, Madura, dan Bima (Nusa Tenggara Barat), Anda akan menemukan banyak pohon delima di depan rumah warga. Selain sebagai tanaman pemanis halaman, delima juga memiliki khasiat obat dan sebagai campuran rujak buah pada upacara adat Tujuh Bulanan. Menurut kepercayaan masyarakat di sana, buah delima sangat ampuh dalam mengobati berbagai penyakit.

Konon delima (Punica granatum Linn) berasal dari Asia Barat, yaitu di sekitar Persia atau Armenia. Namun, tanaman ini sudah lama dibudidayakan di daerah tropis, termasuk Indonesia. Tumbuhan berbuah segar ini hidup dengan baik di daerah yang memiliki musim kemarau panjang dan panas.

alquran muasir

Delima memiliki banyak cabang batang. Tingginya bisa mencapai lima meter. Batang cabang-cabangnya berbentuk bundar, atau bersegi, dan ditumbuhi duri. Daunnya kecil berbentuk bulat telur dengan permukaan berkilat. Bunganya berwarna kuning pucat, atau merah muda, dan muncul pada ketiak daun, atau di ujung ranting. Buahnya menggantung berbentuk bulat. Warna buahnya hijau kekuning-kuningan dan putih. Bijinya bulat berwarna putih kekuningan.

Delima biasa ditanam sebagai tanaman hias atau tanaman obat. Selain dengan biji, delima diperbanyak dengan stek, tunas akar, dan cangkok. Kadang-kadang orang menggunakan cara runduk, atau sambungan untuk memperbanyak pohonnya.

Berdasarkan penelitian, kulit buah delima putih mengandung zat samak sebanyak 25-28 persen dan lendir sebanyak 30 persen. Pada berbagai kulit akar, batang, dan buahnya mengandung tonikum. Pada kulit akarnya terdapat kandungan berbagai alkaloida seperti pelletierine, pseudoiso, dan methyl-pelletierine.

kalender

Buah delima tidak hanya dikonsumsi oleh sebagian mayarakat Indonesia saja, di Mesir buah ini dijadikan semacam jus, anggur, sirup, dan sari buah, sedangkan di Irak dan Iran, jus delima dibuat untuk membersihkan mulut dan gigi, serta untuk mencegah infeksi sehingga membantu menghilangkan bau mulut. Selain untuk kebersihan mulut, buah delima juga dapat menjernihkan suara yang serak dan menghindari kekeringan tenggorokan. Caranya dengan merebus bunganya dalam beberapa gelas air. Air rebusan itu dikumur terus ditelan

Manfaat lainnya, kandungan zat tannin dalam buah delima dapat membius cacing gelang, cacing kremi, dan cacing pita dalam usus sehingga mereka dapat dikeluarkan melalui air besar. Cara ini sudah biasa digunakan oleh penduduk Mesir dan Vietnam

Pada saat ini, para peneliti di Israel telah menemukan khasiat tambahan dari buah delima, yakni untuk penyakit jantung. Sebelumnya para ahli kesehatan menyakini bahwa anggur merah dan teh telah sangat baik bagi kesehatan jantung, namun sebuah penelitian baru menujukkan bahwa segelas jus buah delima lebih efektif untuk mencegah penyakit jantung. Buah delima adalah buah kaya flavonoid seperti halnya anggur merah yang memiliki efek perlindungan terhadap penyakit jantung.

Jus buah delima juga dapat memperlambat kerusakan yang disebabkan oleh kolesterol dan mengurangi tekanan darah dan dua kali lebih besar khasiatnya dalam meningkatkan kesehatan dengan meningkatnya antioksidan dalam darah.

Penemuan ini didasari sebuah penelitian di Lipid Research Laboratory di Haifa yang menujukkan jus buah delima dapat mengurangi ukuran luka atherosclerotic yang menyebabkan penyempitan arteri dan mengakibatkan penyakit jantung. Jus juga dapat mencegah oksidasi kolesterol jahat yang pada tingkat tinggi dikaitkan dengan risiko penyakit jantung dan stroke.

Dr. Michael Aviram, seorang ahli bio kimia, menyatakan bahwa agar konsumsi dapat mudah dicerna, jus dikembangkan dalam bentuk pil yang memiliki kandungan medis setara dengan jus. Hal senada diungkapkan Roger Corder, profesor dari Experimental Therapeutics di William Harvey Research Institute di London. Sebagai petunjuk, segelas jus delima setara dengan dua gelas anggur merah, 10 gelas teh hijau, enam gelas cocao, atau empat gelas jus cranberi. Jus delima juga dilengkapi pula dengan vitamin A, C, dan E sehingga buah ini dijuliki sebagai obat mujarab berbagai jenis penyakit dan bahkan dapat mencegah kanker. [ ]

 

Red: ali

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

 

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment