Manfaat Berenang Bagi Kesehatan Otak

338

PERCIKANIMAN.ID – – Sejak ribuan tahun lalu Rasulullah Saw telah menganjurkan tiap orang tua mengajarkan anaknya berenang, berkuda, dan memanah. Dari segi ilmiah, salah satu anjuran itu rupanya telah dikonfirmasi sangat bermanfaat.

Seperti dilansir dari Lifehack belum lama mengungkapkan sebuah studi terbaru yang dilakukan School of Sport Science, University of Western Australia, mengungkap bahwa berenang sangat baik untuk kesehatan fisik dan mental. Tim peneliti itu menjelaskan bahwa tubuh yang terendam dalam air akan meningkatkan aliran darah ke otak.

alquran muasir

Howard Carter, dokter yang memimpin studi mengatakan, aliran darah ke arteri serebral tengah otak bakal meningkat sebesar 14 persen saat seseorang berenang. Demikian pula aliran darah ke arteri serebral posterior yang meningkat sebanyak sembilan persen yang disebut lebih baik daripada olahraga di darat.

“Ini adalah dasar bagi penyelidikan lebih lanjut tentang efek baik berenang terhadap kesehatan pembuluh darah otak,” kata Carter mengenai studi yang dimuat dalam The American Journal of Physiology itu.

Ia mengatakan, menyelam dalam air tentunya membuat pernapasan terlatih sehingga hasilnya baik untuk paru-paru. Selain itu, gerakan renang berpengaruh baik pada otot dan sendi sehingga olahraga ini sangat disarankan untuk dilakukan beberapa kali sepekan.

kalender

Dari segi kesehatan mental, berenang membuat tubuh relaks dan merupakan cara menyenangkan untuk mengurangi stres. Pasalnya, saat seseorang berenang, terjadi peningkatan fungsi otak yang dikenal sebagai neurogenesis hippocampal.

Dalam proses itu, otak menggantikan sel-sel yang hilang sehingga seseorang terbebas dari kelelahan dan depresi. Terjadi pula pelepasan endorfin yang menyebabkan suasana hati segera membaik begitu kulit terendam dalam kolam yang sejuk.

Dengan demikian terbukti secara ilmiah bahwa olah raga yang dianjurkan Rasulullah Saw ribuan tahun lalu sangat bermanfaat bagi kecerdasan. Sungguh suatu kesempurnaan dari sifat Rasulullah yang cerdas dengan bimbingan wahyu. [ ]

 

Red: admin

Editor: iman

Ilustrasi foto: norman

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment