Apa Hukumnya Bagi Mereka yang Tidak Menikah karena Belum Dapat Jodoh

menikah

Dalam sebuah hadist, Rasulullah Saw menyampaikan bahwa barang siapa yang menolak menikah maka ia bukan ummatku. Namun bagaimana dengan orang yang tidak menikah karena belum dapat jodoh? Mohon penjelasannya Ustadz.   Terima Kasih

 

 

Sebenarnya, ini hadisnya agak panjang seperti yang sampaikan dari Anas bin Malik ra, ia berkata : “Ada sekelompok orang datang ke rumah istri-istri Nabi Saw, mereka menanyakan tentang ibadah Nabi Saw. Setelah mereka diberitahu, lalu mereka merasa bahwa amal mereka masih sedikit. Lalu mereka berkata, “Dimana kedudukan kita dari Nabi Saw, sedangkan Allah telah mengampuni beliau dari dosa-dosa beliau yang terdahulu dan yang kemudian”. Seseorang di antara mereka berkata, “Adapun saya, sesungguhnya saya akan shalat malam terus”. Yang lain berkata, “Saya akan puasa terus-menerus”. Yang lain lagi berkata, “Adapun saya akan menjauhi wanita, saya tidak akan kawin selamanya”. Kemudian Rasulullah Saw datang kepada mereka dan bersabda, “Apakah kalian yang tadi mengatakan demikian dan demikian ?. Ketahuilah, demi Allah, sesungguhnya aku adalah orang yang paling takut kepada Allah di antara kalian, dan orang yang paling bertaqwa kepada Allah di antara kalian. Sedangkan aku berpuasa dan berbuka, shalat dan tidur, dan aku mengawini wanita. Maka barangsiapa yang membenci sunnahku, bukanlah dari golonganku”. [HR. Bukhari Muslim dan lainnya]

alquran muasir

Jika dipahami dari hadis tersebut,  yang terlarang itu tidak mau menikahnya. Tetapi jika berniat menikah akan tetapi jodoh belum muncul, maka berarti tidak menentang fitrah.

[AdSense-A]

Berbeda dengan orang yang berprinsip bahwa hidup tanpa nikah itu bermasalah alias sah-sah saja. Ada wanita yang sesumbar bahwa ia bisa berbahagia tanpa kehadiran laki-laki (suami) dalam hidupnya. Laki-laki (suami) hanya menjadi msalah dalam hidup. Semua laki-laki “buaya darat” sehingga ia sampai bersumpah tiada mau menikah. Nah, hal inilah yang dimurkai Allah Swt karena menolak bahkan menentang pernikahan padahal bisa jadi Allah Swt telah menghadirkan jodoh dalam hidupnya.

kalender

Namun berbeda dengan kondisi seseorang yang tidak menolak untuk menikah, bergaul dengan normal dan berikhtiar untuk mendapatkan jodoh maka ini tidak termasuk hamba yang dimurkai Allah. Sama halnya sebenarnya ketika sudah ada seorang laki-laki yang menyukai Anda dan menginginkan jadi istrinya, namun Anda merasa tidak cocok atau tidak klik maka ini juga bukan terkategorikan wanita yang dimurkai Allah. Karena, untuk bisa melangsungkan hubungan hingga jenjang pernikahan itu juga harus ada “rasa” sehingga bukan hanya fisik saja yang terlibat dalam pernikahan melainkan juga psikis (perasaan suka).

Ini juga dicontohkan oleh Rasulullah Saw yang pada suatu ketika ada sahabat yang berkata bahwa dirinya akan menikah dengan seorang wanita Madinah. Lalu Rasulullah bertanya, kamu sudah melihat calonmu belum? Belum, ya Rasul. Lalu Rasul menyarankan agar sahabat tersebut melihat calonnya terlebih dahulu untuk meyakinkan dan membuat hatinya lebih mantap. Ini menunjukan bahwa menikah itu harus ada “rasa” dulu atau bahasa sekarang dengan istilah harus “ngeklik” dulu.

Dengan demikian, maka bagi jejaka atau gadis yang belum menikah karena merasa belum ada yang cocok atau belum ada jodoh maka itu tidak disebut menentang pernikahan sehingga masuk kategori orang yang dimurkai Allah. Memilih-milih pasangan hidup (suami/istri) adalah dibolehkan untuk mencari kecocokan.

Namun jangan sampai terjebak dengan pilihan-pilihan dan membandingkan satu dengan yang lainnya hanya sebatas kekurangannya dan ingin mencari pasangan yang sempurna. Untuk itu harus disadari bahwa tidak ada manusia seideal yang Anda inginkan atau sesuai criteria yang Anda tetapkan. Jika terpenting memilih pasangan hidup itu adalah sesuai dengan yang dianjurkan oleh Rasulullah Saw yaitu baik agamanya. Wallahu’alam.

[AdSense-A]

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Komentar Artikel “Apa Hukumnya Bagi Mereka yang Tidak Menikah karena Belum Dapat Jodoh

  1. iwa

    Dan kawinkanlah orang-orang yang sedirian diantara kamu, dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan kurnia-Nya. Dan Allah Maha luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui.

Leave a Comment