Pemkot Bekasi Targetkan Legalitas 1.000 Masjid

masjid

PERCIKANIMAN.ID – – Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, menargetkan persoalan legalitas 1.000 bangunan masjid di wilayahnya selesai seluruhnya tahun 2018. Hal ini disampaikan Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi saat memberikan Surat Keputusan Legalitas Perizinan Masjid Al Ihklas di Kecamatan Bekasi Selatan kepada Dewan Kemakmuran Masjid setempat.

Rahmat Effendi mengatakan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Badan Kesatuan Bangsa dan Politik dan Perlindungan Masyarakat serta Bagian Kesejahteraan Dinas Sosial sedang menangani persoalan itu. Bangunan-bangunan tempat ibadah umat Islam yang tersebar di 12 kecamatan di Bekasi, menurut dia, saat ini sedang diverifikasi izinnya oleh pemerintah daerah. Ia menjelaskan keterlambatan pemberian izin dari otoritas terkait biasanya terjadi karena ada masalah seperti sengketa lahan fasilitas umum atau fasilitas sosial.

alquran muasir

“Terdapat berbagai permasalahan pembangunan masjid seperti di Perumahan Green Park yang sudah tujuh tahun belum keluar izinnya, belum lagi di Kecamatan Medansatria Masjid Al Furgon dengan permasalahannya,” katanya seperti dilansir antaranews, Kamis (13/10/2016).

Rahmat berjanji sudah menyelesaikan masalah legalitas masjid-masjid di wilayah Bekasi sebelum masa jabatannya berakhir tahun 2018.

Pentingnya Legalitas Masjid, Rumah Ibadah Agama Lain Harus Punya Legalitas 

kalender

Sementara itu dikutip dari tribunnews , Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Batam Ahmad Dahlan menyampaikan kedepan, keberadaan masjid dan mushalla harus memiliki legalitas. Dahlan menilai, legalitas tersebut penting untuk menciptakan rasa nyaman dan tenang jamaah beribadah. Hal ini juga berlaku bagi rumah ibadah agama lainnya.

“Dulu masjid tidak ada surat-surat, nggak ada masalah. Tapi siapa yang bisa menduga-duga kedepannya akibat perkembangan zaman seperti apa,” kata Dahlan yang juga Wali Kota Batam

Untuk itu pihaknya juga menargetkan masjid dan mushalah harus punya surat-surat resmi sebagai bangunan tempat ibadah resmi yang bukan hanya diakui ummat tapi juga diakui pemerintah. Langkah tersebut untuk mewariskan tempat ibadah yang legal bagi generasi muda berikutnya sehingga siapa pun yang berkuasa baik muslim atau non muslim tidak bisa menggusurnya. [ ]

 

Red: admin

Editor: iman

Ilustrasi foto: norman

 

 

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment