Inggris Luncurkan Sertifikasi Penyembelihan Halal Tanpa di Setrum

hfa-2

PERCIKANIMAN.ID – – Kabar gembira khususnya bagi muslim yang di Inggris, pasalnya proses penyembelihan hewan halal tanpa di setrum meningkat hingga 60 persen. Seperti dilaporkan Meat Info awal bulan ini sebuah perusahaan  penyedia daging, Traditional Halal Limited telah perkenalkan skema sertifikasi bebas setrum bagi hewan yang beredar di negeri Ratu Elizabeth ini. Perusahaan tersebut selama beberapa tahun ini telah mengembangkan system untuk penyembelihan hewan tanpa di setrum.

Pada awal Oktober ini Sabtu (01/10/2016) yang lalu, Traditional Halal Limited telah mengeluarkan skema sertifikasi halal di Manchester, Inggris. Kegiatan ini dihadiri cendekiawan muslim, tokoh masyarakat, perwakilan industri dan media setempat.

alquran muasir

Skema sertifikasi pemotongan halal tersebut telah dikembangkan untuk daging dan unggas yang tidak dihasilkan dari proses setrum (stunning) apapun. Saat ini skema sertifikasi tersebut sudah tersedia untuk tempat pemotongan hewan, pabrik pemotong, pengecer daging, penjual besar, restoran dan takeaway di Inggris.

Peluncurannya sendiri telah diresmikan oleh HFA (Halal Food Authority) dan HFF (Halal Food Foundation) yang berlokasi dipinggiran kota Manchester. Upaya ini dilakukan dalam rangka meningkatkan standar kesejahteraan, pelatihan dan keterampilan di sektor daging non-setrum. Sekaligus mencapai keunggulan lebih baik dalam rantai pasokan daging halal dengan kualitas, konsistensi dan keberlanjutan.

Sertifikasi Traditional Halal akan memberikan pelatihan berkelanjutan, nilai dan pelabelan yang transparan untuk membantu konsumen dalam membuat keputusan untuk memilih dan menentukan kehalalan daging yang hendak dikonsumsi.

kalender

“Kami berkomitmen penuh untuk mempromosikan perdagangan halal dan untuk mendukung cara tradisional penyembelihan halal,” ujar ketua Traditional Halal dan HFA, Dr Abdul Matin Khan dalam kesempatan kepada para awak media.

hfa-1

Sementara itu Saqib Mohammed, selaku chief executive Traditional Halal dan HFA mengatakan ada kebutuhan untuk pelatihan lanjutan dan meningkatkan kompetisi pada sektor halal. Hal ini bertujuan untuk memenuhi tingkat tertinggi kesejahteraan hewan sehingga menghasilkan kualitas daging yang sempurna.

“Kami telah mengembangkan pelatihan kesejahteraan hewan untuk pengawas kami, penyembelih hewan dan operator tempat. Pelatihan akan ditawarkan kepada para pelamar secara gratis di bawah skema ini,” tutur Saqib, seperti dilansir dari Halal Focus(4/10/2016) lalu

Skema juga didukung oleh perwakilan Euro Quality Lambs, Gafoor Pure Halal, Halal Kitchen, Worldwide Cash and Carry dan Iqbal Poultry. Bersama beberapa cendekia dari Oldham, Blackburn and London.  Traditional Halal sendiri merupakan organisasi nirlaba yang diatur oleh Board of Islamic dan Board of Trustees. Kepemimpinan dan pengelolaan dilakukan oleh pakar industri yang memiliki catatan terbukti dalam pelatihan kesejahteraan hewan, audit, pengobatan hewan, ilmu pengetahuan tentang daging dan keamanan makanan.

Kehadiran skema pemotongan halal hewan ini oleh Traditional Halal dan Halal Food Assosiation diharapakan dapat menjamin ketenangan muslim di wilayah Inggris dan sekitarnya serta para turis muslim yang berkunjung. [ ]

 

 

Red: admin

Editor: iman

Foto: halal focus/meat info

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment