Ajarkan Anak Lelaki Hormati Wanita

istri anak

PERCIKANIMAN.ID – – Wanita adalah pelengkap tulang rusuk bagi lelaki. Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Al-Bukhari dan muslim mengatakan “Berlaku baiklah terhadap kaum wanita lantaran mereka diciptakan dari tulang rusuk yang bengkok adalah bagian yang teratas, jika kamu coba untuk meluruskannya kamu akan mematahkannya dan jika kamu membiarkannya ia akan tetap bengkok, maka berlaku baiklah kamu terhadap kaum wanita.”

Untuk itu, jika kita memiliki anak lelaki sepatutnya terapkan tiga hal ini agar mereka menjadi lelaki yang menghormati seorang wanita.

alquran muasir
  1. Tanamkan Sikap Takwa

Ini adalah modal utama seorang muslim dalam menjalani hari-harinya. Ketakwaan ini yang menjadi pembeda antara manusia satu dengan yang lainnya. Sikap inilah yang menjadi kemulian seorang yang beriman. Banyak yang mengatakan seorang lelaki bisa tergoda karena cara seorang wanita berpakaian. Tapi ini semua bisa ditampik apabila seorang laki-laki selalu bertakwa kepada Allah. Bahwa Allah akan Maha Melihat dan Maha Mengetahui. Katakan padanya jika mampu menahan godaan tersebut maka ia akan menjadi lelaki yang mulia dan terhorman. Jika suatu saat nanti setelah dewasa ia tertarik kepada wanita semata bukan karena penampilannya melainkan akhlaknya.

  1. Menjadi model

Seorang lelaki akan menjadi pemimpin minimal dalam keluarga maka ajarkan ia menjadi model pemimpin yang baik seperti para Rasul dan Nabi yang berakhlak terpuji. Bagi orangtua khususnya bagi seorang ayah, Anda sebisa mungkin jadilah teladan bagi anak-anak lelaki dengan menjaga pandangan mereka. Seperti yang disebutkan dalam firman Allah Surat An-Nur ayat 30, “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat.”.

  1. Menghormati perempuan adalah prioritas

Terapkan dan beritahukan pada anak lelaki Anda bahwa menghormati perempuan adalah otoritas bagi seorang laki-laki. Tak peduli siapa pun itu, baik guru, seorang polisi, atau wanita dari golongan fakir miskin juga harus diperlakukan dengan hormat dan bermartabat. Meski posisi wanita ditempatkan dipandang sebagai makhluk yang lemah namun itu bukanlah secara fisik. perempuan mempunyai jiwa lemah lembut dan mempunyai keperkasaan dalam menjalani hidup sulit sekalipun. Dengan menghormati seorang perempuan berarti ia telah menghormati ibunya, kakak atau adik perempuannya, nenek-neneknya.

kalender

Pelecehan dan kekerasan terhadap perempuan yang dilakukan kaum lelaki hingga kini masih kerap  maka denga mengajarkan sikap menghormati tersebut akan terbentuk dalam benaknya bahwa wanita adalah makhluk mulia. Ajarkan bahwa semua orang dimuka bumi ini lahir dari seorang perempuan yang kemudian menjadi ibunya. Dalam Islam memuliakan sangat jelas seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah Saw. [ ]

Rep: admin

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

 

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment