Pemerintah Yunani Bangun Masjid Tapi Hanya Untuk Museum

masjid-di-yunani-r6nnqlo5o8

PERCIKANIMAN.ID – – Pemerintah Kota Athena Yunani terus melakukan peningkatan atraksi wisata mereka. Salah satunya dengan merestorasi Masjid Fethiye yang merupakan bangunan peninggalan sejarah dari abad ke-17. Dilansir Lonelyplanet, Selasa (3/10/2016), Masjid Fethiye terletak di Roman Agora, sebuah kawasan penting pada masa pemerintahan Romawi kuno, dan termasuk dalam daftar monumen paling penting pada periode Ottoman.

Menurut sejarah, Fethiye Mosque dibangun di atas sebuah reruntuhan yang dulunya merupakan tempat ibadah umat Kristen. Bangunan tersebut didirikan periode Bizantium, dan barulah pada masa pemerintahan Ottoman abad ke-15, diresmikan menjadi masjid. Pada abad ke-17, struktur masjid ini mengalami perubahan, setelah beberapa bangunannya dihancurkan. dan dulunya dikenal dengan sebutan “Wheat Market Mosque”.

alquran muasir

Menurut Athena Ephorate of Antiquites, masjid ini tidak akan difungsikan sebagai tempat ibadah, justru akan digunakan sebagai lokasi pameran dan event-event temporari lainnya. Pada November 2016 , masjid ini rencananya sudah dapat dikunjungi oleh wisatawan maupun penduduk setempat. Selama ini, Athena memang dikenal sebagai satu-satunya ibukota di Uni Eropa yang tidak memiliki masjid untuk beribadah. Padahal, kota tersebut dipadati setidaknya oleh 300 ribu penduduk muslim.

Sejak akhir pemerintahan Ottoman, kaum muslim di ibukota Yunani melakukan ibadahnya di ruang-ruang tertutup, seperti di ruang bawah tanah dan gudang penyimpanan barang. Namun, pada Agustus lalu, parlemen Yunani telah menyetujui rencana untuk membangun masjid yang didanai oleh negara pinggiran Athena yakni Votanikos.

Sementara dilaporkan dailynews menyebutkan masjid tersebut menghabiskan dana sebesar US$ 1,1 juta (Rp 14,5 miliar). Namun, beberapa penduduk Islam mengklaim bahwa lokasi masjid yang terletak di zona industri terpencil itu kurang sesuai dan sia-sia dibangun jika hanya dijadikan museum semata..

kalender

Sebagaimana diketahuia tidak ada masjid baru yang dibangun sejak pemerintahan Kekaisaran Ottoman berakhir di Yunani pada 1829. Di Athena, sekitar 300 ribu umat Islam menggunakan 100 masjid tidak resmi, seperti di dalam garasi atau ruang bawah tanah, yang dimodifikasi untuk salat berjemaah dan melakukan kegiatan keagamaan. Masjid Tzistarakis di pusat Kota Athena adalah salah satu masjid yang tersisa di Athena dari era Ottoman yang kini telah diubah menjadi museum. [ ]

Red: admin

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment