Tips Mengecek Menu Restoran Fast Food yang Halal

234

PERCIKANIMAN.ID – – Ratusan atau bahkan ribuan potong ayam terjual setiap harinya di restoran fast food. Mungkin jadi pertanyaan besar atau jadi keraguan saat akan menyantap ayam di restoran fast food, apakah daging ayam dijamin kehalalannya.

Ketua Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-Obatan dan Kosmetik Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI), Lukmanul Hakim menjelaskan, untuk mendapat sertifikat halal memang semua bahan baku dalam makanan diperiksa dengan teliti. Sama sekali tidak boleh ada makanan haram atau non halal yang jadi komposisi makanan, termasuk di dalamnya sumber protein hewani yang harus disembelih secara Islam.

alquran muasir

Hal ini berlaku untuk semua restoran termasuk restoran fast food skala besar, daging yang digunakan harus halal. Bagaimana cara menjamin ayam yang dikonsumsi pasti halal? Lebih jauh Lukman menjelaskan, sertifikasi halal sebuah restoran adalah berlaku bagi seluruh cabang gerai itu di berbagai daerah. Sehingga tidak masing-masing cabang restoran kemudian mengajukan sendiri-sendiri. Dalam proses penelitiannya, maka  semua cabang restoran harus diperiksa. Sehingga tidak ada kasus bahwa cabang restoran di daerah ini sudah halal, sementara cabang di daerahnya lainnya belum halal.

“Misalnya satu brand restoran fast food punya 200 cabang di Indonesia maka yang 200 ini kita periksa. Semua outlet, semua bahan tanpa kecuali, termasuk supliernya,” kata Lukman seperti dilansir okezone.

Cara melakukan audit di seluruh outlet ini dilakukan oleh LPPOM MUI daerah, karena di setiap daerah punya petugas yang ditunjuk sebagai auditor sertifikasi. Pria ramah ini juga menjelaskan, ayam yang digunakan pada restoran fast food berasal dari supplier. Rumah potong hewan (RPH) yang ditunjuk perusahaan restoran sebagai suplier harus sudah memiliki sertifikasi halal.

kalender

“Jadi sistemnya terpusat, si ayam didapat dari suplier. Suplier ini yang kita lihat. Mereka harus sudah punya sertifikasi halal. Ini yang jadi jaminan,” terang Lukman. [ ]

Red: admin

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment