Berdoa Sebelum dan Setelah Makan, Rasakan Ini Manfaatnya Bagi Kesehatan

232a

PERCIKANIMAN.ID – – Di zaman yang cepat dan sibuk seperti ini, terkadang kita sering lupa untuk berdoa dalam memulai aktivitas bahkan ketika akan makan atau hendak berangkat tidur. Seharusnya tidak demikian jika kita tahu sungguh besar karunia dan nikmat yang telah diberikan Allah Swt kepada kita. Berdoa adalah salah satu ungkapan syukur kita kepada-Nya.

Sebagai contoh berdoa sebelum dan sesudah makan akan membuat kita sadar tentang apa yang kita makan, menikmatinya, dan mendapat manfaat dari kegiatan makan yang kita lakukan. Ketika kita lebih tenang dan memilih makan lebih perlahan, Anda juga akan punya waktu untuk mengatasi stres yang tengah hadapi. Berikut penjelasan tentang manfaat makan secara perlahan yang diawali dan diakhiri dengan doa, seperti dilansir dari praymoslem yang perlu kita tahu.

alquran muasir
    [AdSense-A]
  • Mengurangi stres

Stres adalah salah satu penyakit yang kerap melanda masyarakat modern perkotaan. Kegiatan makan bisa dijadikan waktu untuk mengalihkan pikiran dan memfokuskan diri pada satu hal, yaitu makanan Anda. Dengan makan secara perlahan, Anda akan lebih memperhatikan makanan dan menikmatinya secara menyeluruh, yang pada gilirannya akan mengurangi stres.

  • Pencernaan lebih baik

Sebagian besar sumber penyakit berasal dari pencernaan yang tidak sehat. Makan perlahan-lahan setelah berdoa akan membantu Anda untuk mencerna makanan Anda baik, yang secara otomatis mendukung kerja pencernaan. Bila fungsi pencernaan Anda membaik, Anda bisa terhindar dari masalah pencernaan. Ketika pencernaan anda baik maka potensi anda untuk sehat sangat besar.

  • Produktivitas kembali naik

Sebagian orang akan merasa mengantuk dan ingin langsung istirahat usai makan apalagi makan siang. Makan yang diawali dan diakhiri dengan doa serta dilakukan secara perlahan-lahan akan membuat tubuh khususnya lambung menjadi lebih rilek. Hal ini yang membuat tubuh kembali segar dan fit kembali. Hasil berbeda jika makan dilakukan dengan tergesa-gesa dan tanpa doa.

kalender

Dengan demikian benar adanya ajaran Islam itu sangat bermanfaat bukan hanya secara psikis atau spiritual melainkan juga secara fisik termasuk hikmah dari ibadah yakni berdoa. Segala aktivitas baik lainnya akan berdampak baik jika diawali dan diakhiri dengan doa. [ ]

Red: admin

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

[AdSense-A]

 

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment