Sikap Sederhana Ini Akan Membuat Pernikahan Lebih Harmonis

175

PERCIKANIMAN.ID – – Banyak pasangan suami istri yang ketika bertengkar selalu berbicara mengenai hak ketika pernikahan telah berjalan lama. Sesungguhnya pernikahan tak melulu mengenai hak. Ada beberapa hal yang meski pernikahan tersebut telah berjalan lama namun tetap harus dipertahankan. Seperti yang disarankan moslemmodern, berikut beberapa hal yang harus dilakukan dalam pernikahan anda  berjalan sukses hingga masa tua.

  • Jaga lisan

Lidah tak bertulang, itulah yang sering anda dengar. Jika Anda tidak hati-hati, hal-hal yang Anda katakan mungkin akan merusak pernikahan. Baiknya tutup mulut dari komentar yang tajam, dan komunikasikan dengan baik apa yang sedang menjadi masalah. Ingat perkataan yang tidak tepat justru akan membuat kesalahpahaman yang menjadikan masalah kecil menjadi besar.

alquran muasir
  • Ingat, suami memiliki ego

Jangan terlalu bertekad untuk memenangkan setiap argumentasi dengan suami Anda. Pria memiliki ego yang besar. Bahkan ketika mereka benar-benar salah, jangan menyalahkan, diam saja karena diam itu emas. Ingat kata-kata bijak ini bahwa mengalah bukan berarti salah. Mempertahanka keutuhan lebih utama ketimbang memaksakan ego.

  • Layani dengan baik.

Ini memang sudah kewajiban setiap istri, bahkan ini merupakan ibadah jika dilakukan dengan ikhlas. Keikhlasan dan ketulusan akan membuat pekerjaan seberat apa pun menjadi ringan dan menyenangkan. Layani suami anda dengan tulus dan jangan sekali-kali anda merasa sebagai pelayannya.

  • Pelajari kepribadian suami dengan baik

Kata-kata bijak mengungkapkan “tidak ada kata terlambat untuk belajar”. Dengan juga dengan karakter pasangan hidup anda yang harus anda ketahui. Bagaimanapun Anda akan hidup selamanya dengannya. Perbedaan sifat dan karakteristik lama kelamaan mungkin akan membuat pergesekan, jangan semakin membuatnya memanas. Justru jadikan itu untuk membuat Anda semakin mengenal pasangan.

kalender
  • Beri pujian

Tak dipungkiri pujian adalah hal “mahal” dilakukan istri kepada suami, padahal pujian kecil akan membuatnya bangga dan dihargai. Tidak membutuhkan sesuatu yang besar dan luar biasa untuk memujinya. Saat suami mampu membersihkan rumah atau hanya sekedar merapikan ruang tamu maka ia layak mendapat pujian.

Meski beberapa sikap tersebut terkesan lebih “memihak” kepada suami namun bagi para suami juga dituntut untuk bisa menunjukan kepada istri. Inti rumah tangga adalah saling melengkapi dari dua karakter yang berbeda. Keharmonisan rumah tangga dibangun bukan dari satu sisi saja melain harus dua sisi (suami istri). Jika satu sisi belum jalan bukan berarti harus menunggunya untuk bergerak. Lakukan sebisa mungkin hingga pasangan mau mengikuti. [ ]

Red: admin

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment