Ingin Menolong Teman Depresi ? Lakukan Ini Agar Pulih Kembali

198

PERCIKANIMAN.ID – – Depresi adalah penyakit mental yang hanya bisa disembuhkan dengan cara mengasihi mereka yang mengalaminya. Dibutuhkan dukungan keluarga dan teman untuk memulihkan si penderita. Tanda dan gejala depresi bervariasi dialami masing-masing orang. Seperti dilansir islamichealing ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meringankan beban orang yang Anda cintai. Berikut anjuran menurut Islam.

       Memahami depresi

alquran muasir

Mengakui bahwa depresi merupakan masalah kesehatan mental. Kaum muslimin masih sangat jarang membahas isu semacam ini. Namun, bicara soal ketidakseimbangan mental dan emosional, erat kaitannya dengan spiritual. Anda perlu meluangkan waktu untuk belajar tentang gejala dan pengobatan yang mungkin melibatkan depresi.

      Jangan menyalahkannya

Sering kali orang yang mengalami depresi disalahkan karena ketidakmampuannya mengendalikan emosi. Menyalahkan orang teman yang depresi hanya akan membuatnya semakin kalut dan terpuruk. Jika anda peduli dan ingin menolongnya maka cari sebabnya dapat berikan solusi serta nasihat yang membesarkan hatinya.

kalender

      Hadir secara fisik

Zaman telah maju dan berkembang dimana komunikasi dan interaksi tak lagi harus bertatap muka. Namun jika Anda ingin menolongnya maka tunjukkan bahwa Anda berada di sana untuk membantu teman yang Anda kasihi melewati masa sulit bersama-sama. Mengakui keseriusan kondisi individu dan menawarkan dukungan penuh. Jangan meremehkan rasa sakit mereka.

     Berada di dekatnya dan dengar keluhannya.

Berada di sana untuk menunjukkan betapa ia berarti bagi Anda dan orang lain. Jadi pendengar yang baik Mendengarkan aktif adalah seni yang membutuhkan latihan. Seorang individu depresi mungkin tidak tertarik saran panjang dari Anda. Cukup meluangkan waktu untuk mendengarkan dan mengakui masalahnya membuat lega secara psikologis. [ ]

Red: admin

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

 

 

 

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment