Aceh Berkah Karena Hanya Yang Bisa Baca Al-Quran Yang Bisa Jadi Kepala Daerah

tes-baca-al-quran

PERCIKANIMAN.ID  – – Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh, Ridwan Hadi menegaskan bagi pasangan calon kepala daerah pada Pilkada Aceh serentak 2017 yang tidak lulus tahapan uji mampu baca Al-Quran, tidak dapat maju sebagai calon kepala daerah. Selain itu tahapan ini hanya dilakukan satu kali tanpa pengulangan.

Pelaksanaan tahapan uji baca Alquran dilangsungkan setelah uji kesehatan yang dilakukan beberapa hari lalu. Enam pasangan cagub cawagub Aceh diuji di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh dan dibuka untuk umum.

alquran muasir

“Dewan juri yang akan menentukan apakah bakal calon kepala daerah bisa menjadi calon kepala daerah atau tidak,” kata Ridwan Hadi dalam sambutannya di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, dilansir kabaratjeh, Rabu (28/9/2016).

KIP Aceh sendiri telah menunjuk tim penguji baca Alquran yang berjumlah enam orang. Mereka terbagi dari Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) dan Kementerian Agama. Selain itu secara mendasar, penilaian yang akan dilakukan ialah pada segi adab, tajwid dan kelancaran bacaan atau fashahah.

Menurut salah seorang tim penguji Jailani Mahmud, dalam pemberian nilai nantinya, tim tidak menilai seperti peserta MTQ maupun seperti bacaan Imam Masjid.

kalender

“Minimal mendapat nilai 50 sudah kita nyatakan lulus,” kata Jailani saat memberi penjelasan sebelum uji baca Al-Quran dimulai. [ ]

Red: admin

Editor: iman

 

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment