Langkah Hadapi Musibah Agar Bernilai Ibadah

banjir garut

PERCIKANIMAN.ID – -Kita sering menganggap musibah yang menimpa kita sebagai sesuatu yang buruk. Padahal bisa jadi ada hikmah yang sangat besar di balik itu semua. Para ulama mengungkapkan bahwa Allah Swt. memelihara manusia bukan saja dengan kegembiraan tetapi juga dengan kesedihan. Allah Swt. mengurus kita tidak hanya dengan kenikmatan tetapi juga dengan penderitaan. Tujuannya adalah supaya kita bisa mencapai perkembangan yang baik. Orang-orang yang tidak pernah dipelihara dengan penderitaan biasanya tidak berkembang ke arah kesempurnaan. Kita harus sadar bahwa kebaikan Allah Swt. kepada kita jauh lebih besar daripada ujian-Nya dan kebaikan Allah Swt. tidak pernah berhenti.

Beberapa hal yang patut dilakukan dalam rangka menguatkan iman seseorang ketika ditimpa musibah atau malapetaka adalah:

alquran muasir
  1. Berbaik sangka kepada Allah

“… Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.” (Q.S. Al Baqarah 2: 216).

  1. Bersabar

Jika Kubebankan kemalangan untuk salah seorang hamba-Ku pada badannya, hartanya, atau anaknya, kemudian dia menerimanya dengan sabar yang sempurna, aku merasa enggan menegakkan timbangan baginya pada hari kiamat atau membukakan buku catatan amal baginya.” (Hadis Qudsi Riwayat Al Qudha’i, Dailami, dan Tirmidzi).

  1. Banyak bersyukur kepada Allah Swt.

Dalam sebuah hadis qudsi, Allah berfirman kepada para malaikat, “Jika Aku menguji salah seorang hambak-Ku yang beriman, lalu ia memuji-Ku atas ujian itu, maka berilah dia pahala sebagaimana pahala yang biasa kalian berikan kepadanya.” (HR. Ahmad dan Thabrani).

kalender
  1. Memperbanyak istighfar dan menghisab diri

Dan apa musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu).” (Q.S. Asy-Syuuraa 42: 30)

  1. Tawakal kepada Allah Swt.

Sungguh menakjubkan bagi seorang mukmin! Tidak ada suatu takdir Allah tentang sesuatu melainkan selalu baik baginya. Bila dia ditimpa oleh suatu kemadharatan, dia pun bersabar dan perkara tersebut baik baginya. Dan, bila dia dianugerahkan suatu kesenangan, dia pun bersyukur dan perkara tersebut baik baginya. Dan, perkara itu tidak diperuntukkan kepada seseorang pun melainkan hanya bagi orang mukmin.” (H.R. Bukhari Muslim).

Bagaimana pun kecilnya musibah apalagi hingga kita harus kehilangan sesuatu (harta atau jiwa) tetap membuat hati kita sesak dan berat untuk menerimanya namun dengan mengikhlaskan adalah acara terbaik menerima kenyaataan. Berprasangka baik bahwa inilah cara Allah Swt menyanyi dan mencintai kita akan membuat semua terasa ringan. Wallahu’alam. [ ]

 

Red: agung

Editor: iman

Ilustrasi foto: lokasi banjir Garut 2016

 

 

 

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment