Ribuan Orang Di Garut Masih Mengungsi, Begini Kondisinya !

banjir-garut-1

PERCIKANIMAN.ID – – Meluapnya Sungai Cimanuk di Kabupaten Garut pada Selasa dini hari (20/9/2016) menyebabkan bencana alam banjir bandang yang melanda sejumlah wilayah.  Setidaknya  enam kecamatan  terendam yakni Kecamatan Garut Kota, Bayongbong, Pasirwangi, Samarang, Tarogong Kidul dan Banyuresmi.

Akibat banjir bandang, ratusan rumah rusak dan mengakibatkan pulang orang meninggal dunia, luka, hilang hingga ribuan orang mengungsi. Salah salah wilayah yang terkena terjangan banjir adalah Kel.Jayawaras Kec.Targong Kidul Kab.Garut. Saat ini, masyarakat korban banjir masih mengungungsi dan ditampung di Masjid Al Hikmah.

alquran muasir

“Saat ini di penampungan ada 30 balita 30 orang, 5 ibu hamil, 40 anak-anak total ada 323 orang  terdiri dari 82 KK dan 1 orang warga kami masih dinyatakan hilang,” ujar Usep ditempat pengungsian saat ditemui Percikaniman.id, Kamis sore (22/9/2106).

Sebagian kondisi di pengungsian
Sebagian kondisi di pengungsian

Usep menambahkan saat ini ada beberapa kebutuhan yang mendesak seperti makanan susu untuk balita, selimut, makanan ringan untuk bayi dan beberapa makanan siap saja bagi anak-anak. Sementara untuk yang dewasa dan orangtua setidaknya tiga kali sehari mendapat nasi bungkus dari salah satu lembaga sosial yang mendirikan posko dan dapur umum.

“Air bersih dan air minum juga mendesak sebab air bersih di masjid juga terbatas. Juga selimut bayi dan alas tidur sebab tidurnya di lantai yang dingin, ”imbuhnya.

kalender

Sementara itu salah satu warga mengungkapkan bahwa banjir bandang tersebut selain menghanyutkan harta bendanya juga menghanyutkan sebuah masjid. Masjid seluas 30 meter persegi tersebut telah rata dengan pondasi.

Puing-puing bekas masjid
Puing-puing bekas masjid

“Disini masjid itu, ini tinggal lantai keramiknya yang tersisa,”ungkapnya sambil menunjuk bekas lokasi.

Ia dan warga berharap masjid tersebut dapat dibangun kembali setelah penanganan banjir selesai. Hancurnya masjid sederhana tersebut juga menganyutkan puluhan Al-Qur’an , buku Iqro, sajadah, sound system dan buku-buku bacaan lainnya.

“Di masjid ini biasanya kami gunakan untuk mengaji bersama anak-anak dari bada Ashar sampai menjelang Isya. Mudah-mudah nanti ada dermawan atau donatur yang membangunkannya,”harapnya.

 

Untuk diketahui saat ini Yayasan Percikan Iman membuka layanan donasi bagi Musibah Banjir di Garut. Bagi pembaca yang ingin berpatisipasi dapat menyalurkan donasinya melalui rekening

Bank Syariah Mandiri 7001 022 727 Yayasan Percikan Iman / Kemanusiaan.

Donasi sahabat dapat meringankan beban saudara-saudara kita.

Jazaakumullahu khoiron katsiiron

*************************************************************************************
Informasi & Layanan Jemput Donasi telp: 085624121475 atau WA : 085974009684.
Sekretariat: Kantor Galeri Dakwah Percikan Iman
Ruko Komplek Kurdi Regency No. 33A Inhoftank Bandung Telp.022-8888 5066. [ ]

Rep & foto : iman

 

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment