Berbeda Dengan Ilmu Biologi, Ini Pentingnya Ortu Ajarkan Pendidikan Reproduksi Pada Anak

keluarga

 

PERCIKANIMAN.ID – – Ahli menganjurkan orang tua agar mengajari anaknya pendidikan reproduksi sejak dini sesuai dengan tahapan usia. Tujuannya agar anak mengerti betul tentang perbedaan gender, bagaimana bergaul dengan lawan jenis, dan yang paling penting fungsi reproduksinya sendiri.

Hanya saja sayang pendidikan reproduksi ini di Indonesia tak begitu diperhatikan. Banyak orang tua menganggap seks sebagai sesuatu yang tabu dan menyerahkan penjelasannya pada guru sekolah dalam pelajaran reproduksi di lingkup ilmu biologi.

promoawaltahun

Padahal menurut Profesor Siswanto Agus Wilopo, SU, MSc, ScD, dari Pusat Kesehatan Reproduksi Universitas Gajah Mada bahwa pendidikan reproduksi berbeda dari ilmu biologi dan diberikan bukan berarti untuk mengajarkan anak berhubungan seks. Justru kebalikannya dengan memahami aspek-aspek reproduksi anak diharapkan akan lebih bisa menjaga diri.

“Pelajaran biologi itu tidak mengena karena ilmunya bukan untuk dirasakan diri sendiri. Keseriusan melihat kesehatan reproduksi sebagai bagian dari kehidupan itu kita enggak ada,” kata Prof Siswanto dalam seminar nasional Menjadi Orang Tua Hebat dalam Mengasuh Anak di kantor BKKBN (Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana), Jakarta, detikcom, Kamis.

“Yang terjadi sekarang ya saya memberi contoh ekstreme anak SMA perempuan enggak tahu apa itu masa subur. Yang tahu hanya sekitar 20%. Hamil saja banyak yang tidak tahu, bagaimana itu? Kita harus angkat isu ini terutama untuk anak, remaja, dan orang tua karena masih kurang,” lanjutnya.

kalender

Menurut Prof Siswanto pembuat kebijakan perlu berunding merumuskan seperti apa kesehatan reproduksi yang perlu diberikan untuk keluarga Indonesia. Badan international United Nation Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) sendiri sudah memiliki pedoman materi kesehatan reproduksi yang bisa dipakai oleh negara-negara.

“Harusnya kita belajar dari apa yang sudah disepakati di tingkat internasional, 2009 UNESCO sudah menetapkan tinggal disaring dari situ mana yang masih relevan dan mana yang tidak…. Fakta kalau informasi kesehatan reproduksi kita itu masih jelek. Saya mau tanya sekarang kalau Anda mau tahu fungsi dari alat kelamin apa saja kok bisa membuahi dan sebagainya itu harus ke siapa? Ke mana? Materinya ada atau tidak?” pungkas Prof Siswanto. [ ]

 

Red: admin

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

 

 

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment