Rutin Donor Darah Bisa Turunkan Risiko Terkena Penyakit-penyakit Ini

donor-darah-1

PERCIKANIMAN.ID – – Ada berbagai alasan yang bisa membuat seseorang jadi enggan atau malas mendonorkan darah. Tapi tahukah Anda bahwa sebenarnya menjadi donor bisa memberikan manfaat kesempatan menyelamatan nyawa sendiri sama seperti untuk sang penerima darah kelak.

Beberapa studi dan pandangan ahli mengungkap ada 4 kondisi penyakit yang bisa dihindari seseorang dengan mendonorkan darah. Dihimpun dari berbagai sumber dan dilansir detikhealth berikut penyakit-penyakit tersebut yang bisa diminimalisir dengan rajin melakun donor darah antara lain:

alquran muasir
  1. Kanker

Saat donor darah, dipastikan kadar zat besi dalam tubuh akan mengalami penurunan. Jika berlebihan, kadar zat besi dapat meningkatkan kerusakan akibat radikal bebas dalam tubuh dan telah dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker dan penuaan.

Dalam studi yang diterbitkan dalam Journal of National Cancer Institute, ditemukan mereka yang rutin donor darah memiliki kadar besi lebih stabil dan mengalami penurunan risiko kanker.

  1. Penyakit jantung

Dalam studi yang dipublikasikan dalam Journal of the American Medical Association (JAMA), peneliti menemukan bahwa responden berusia 43-61 tahun yang rutin donor darah memiliki penurunan risiko terkena penyakit jantung dan stroke. Hal ini didapat jika dibandingkan dengan mereka yang tak pernah atau jarang donor darah.

kalender

Studi lain yang dipublikasikan dalam American Journal of Epidemiology menyebutkan bahwa mereka yang donor darah secara rutin setidaknya sekali dalam setahun memiliki penurunan risiko sakit jantung hingga 88 persen.

Alasannya dijelaskan oleh ahli karena dengan menjadi donor rutin maka kandungan zat besi bisa lebih terkendali. Zat besi di dalam darah yang terlalu banyak dapat membuat pembuluh darah menyempit sehingga meningkatkan risiko penyakit atau serangan jantung.

  1. Obesitas

Studi oleh peneliti di The University of California memperkirakan setiap satu liter darah yang diambil maka tubuh membutuhkan 650 kalori untuk melakukan proses perbaikan volume darah dan sel darah merah.

Hal ini bisa dilihat sebagai salah satu cara pendukung bagi orang yang ingin menguruskan diri menghindar dari obesitas. Manfaatnya dalam jangka panjang tentu membuat risiko untuk kondisi penyakit lain juga bisa dihindari.

  1. Hemochromatosis

Hemochromatosis adalah penyakit genetik yang menyebabkan tubuh menyerap terlalu banyak zat besi dari makanan. Kelebihan zat besi itu tersimpan di dalam organ-organ tertentu, terutama hati, jantung dan pankreas yang akan terus menumpuk memicu komplikasi mematikan.

Berkaitan dengan hal tersebut, seorang pria dengan hemochromatosis asal Amerika Serikat dilaporkan dalam jurnal BMJ Case Reports tidak pernah mengetahui memiliki kondisi hingga umurnya 83 tahun. dr Kohtaro Ooka yang menangani kasus dari Yale School of Medicine mengatakan sang pria tak pernah alami komplikasi tampaknya berkat kebiasaan rutin donor darah.

Dokter umumnya memang akan melakukan terapi pengeluaran darah pada pasien hemochromatosis karena bila dibiarkan penumpukan zat besi ini bisa mulai menunjukkan gejala di usia 40-50 tahun.

Melakukan donor darah adalah salah satu perbuatan mulia yang bisa dikategorikan menolong bahkan menyelamatkan sesama manusia. Allah Swt telah berfirma dalam Al-Quran:

Dan barangsiapa yang memelihara kehidupan seorang manusia, maka seolah-olah dia telah memelihara kehidupan manusia semuanya.” (QS. Al Maidah: 32).

Ibnu Katsir berkata, “Siapa yang memelihara kehidupan seseorang, yaitu tidak membunuh suatu jiwa yang Allah haramkan, maka ia telah memelihara kehidupan seluruh manusia. Mujahid berkata bahwa yang dimaksud adalah siapa saja yang menahan diri dari membunuh satu jiwa.” (Tafsir Al Qur’an Al ‘Azhim, 3: 380).

Dengan demikian melakukan donor darah selain menyehatkan ditinjau dari sisi medis juga sebagai amal shaleh. Untuk itu jangan ragu jika kita diberi kesehatan dan tubuh yang bugar agar melakukan donor darah. Wallahu’alam[ ]

 

Red: admin

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

 

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment