Lempar Janji Sembunyi Iman (Tafsir Surat Al-Baqarah [2]: 100-102) Bag. 2

kitab

Oleh : Dr. Aam Amiruddin


“Setelah datang kepada mereka seorang Rasul (Muhammad) dari Allah yang membenarkan apa yang ada pada mereka, sebagian dari orang-orang yang diberi Kitab (Taurat) melemparkan Kitab Allah itu ke balik punggung, seakan-akan mereka tidak tahu.” (Q.S. Al-Baqarah [2]: 101)

alquran muasir

Rasulullah Saw. tetap dengan santunnya mengajak mereka untuk mencermati sacara saksama bahwa yang dibawanya (Al-Quran) semata sebagai pembenaran, penguatan dan penyempurna yang ada dalam kitab Taurat. Tapi, pengaruh hawa nafsu dan tipu daya setan menyebabkan mereka terlalu buta untuk melihat kebenaran.

Al-Quran mereka tolak karena sosok Muhammad sebagai Rasulullah tidak sesuai keinginan mereka. Padahal, dengan sangat jelas dalam Taurat disebutkan bahwa kelak di akhir zaman akan datang sosok Nabi terakhir yang bernama Ahmad (Muhammad). Al-Quran pun akhirnya mereka lemparkan.

Sebagai topeng, mereka tetap berpegang pada kitab Taurat. Tapi, setelah diketahui bahwa ternyata Taurat malah mendukung kedatangan Nabi Muhammad, kitab itu pun mereka campakkan begitu saja. Taurat “dilempar ke belakang punggung mereka” sebagai pertanda bahwa mereka berpura-pura tidak tahu isi Taurat yang mereka pegang selama ini.

kalender

Dalam sejumlah riwayat seperti diungkap oleh Ibnu Katsir dalam tafsirnya disebutkan bahwa setelah mereka melempar begitu saja kitab Taurat yang seharusnya dimuliakan, dicarilah cara bagaimana bisa menutupi kekeliruan mereka. Cara itu pun akhirnya mereka temukan ketika menerima ajakan sesat untuk mengikuti keyakinan dengan sumber ajaran dari kitab atau catatan yang ada sangkut pautnya dengan Nabi Sulaiman. Itulah yang kemudian dijelaskan dalam ayat selanjutnya.

***

Bersambung…

 

 

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment