Jadi Ortu Gaul, Lakukan Ini Dalam Mengasuh Anak Di Zaman Moderen

174

PERCIKANIMAN – – Generasi masa kini lekat dengan urusan duniawi yang tiada habisnya dari gaya hidup, iptek hingga pergaulan. Sebenarnya itu adalah hak dan tidak ada yang salah, namun tetap sebagai muslim hendaknya tiap generasi selalu ingat pada Allah Swt namun tidak ketinggalan zaman. Untuk itu , agar anak Anda tetap di jalan-Nya, dukung perkembangan mereka sesuai dengan zamannya. Seperti yang disarankan MuslimVillage cara ini boleh dicoba, sehingga anda dan buah hati tetap dalam ketaatan kepada Allah Swt namun masih bisa juga untuk “gaul”.

  • Buat suasana rumah menyenangkan

Anak akan lebih terbuka dan lancar dalam berkomunikasi jika suasana rumah selalu menyenangkan. Keributan mungkin tak terelakkan, namun tunjukkan pada anak-anak bahwa semua masalah bisa diselesaikan dengan kepala dingin. Tentu saja semua ini dilakukan hanya karena Allah SWT, setiap orangtua muslim harus selalu ingat bahwa setiap tindakan dilakukan karena-Nya.

alquran muasir
  • Membaca dan menyampaikan cerita dari Alquran

Al-Quran adalah pedoman hidup setiap muslim. Generasi milenial juga harus tetap berpegang pada ini. Untuk itu, orangtua tak boleh absen untuk mengajak anak mengkaji Al-Quran. Karena, sebuah rumah tanpa pengetahuan dari Al-Quran adalah rumah dari keputusasaan dan kesesatan. Sesingkat apa pun sempatkan untuk membaca Al-Quran di rumah bersama buah hati misal 1 juz, 1 halaman atau minimal 1 ayat perhari.

  • Dengarkan anak

Anda Anak-anak biasanya hanya ingin didengar. Mereka akan merasa aman ketika didengarkan. Jangan pula jadi orangtua yang hanya ingin didengarkan, namun tak mau mendengarkan keluh kesah anaknya. Aktivitas mereka selama di sekolah maupun berinteraksi dengan kawan-kawannya seharia perlu didengarkan. Pastinya dari cerita mereka aka nada informasi yang berharga yang dapat kita ambil.

  • Arahkan mencari teman yang baik

Teman akan sangat berpengaruh dalam kehidupan anak. Arahkan anak-anak Anda mencari teman yang baik untuk menuntun mereka ke jalan yang baik. Pesankan kepada mereka seperti yang dipesankan oleh Rasulullah Saw dalam memimilih teman,”Dekat dengan penjual minyak wangi akan tertular wanginya dan dekat dengan tukang pandai besi akan tertular bau tak sedapnya.”

kalender
  • Tetap dekat dengan Allah

Jangan pernah bosan untuk menasihati anak agar tetap dekat dengan Allah. Menjalankan perintahnya dan menjauhi larangannya, serta selalu bersyukur atas apa yang telah diberikan. Ingatkan agar mereka selalu sadar bahwa ada Allah yang selalu mengasi selama 24 jam termasuk saat sendiri. Dengan dekat kepada Allah berarti Allah sebagai tumpuan dan pelindung kita.  [ ]

Red: admin

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

 

 

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment