Di Kotim Daftar Tunggu Haji Hingga 23 Tahun

134c

PERCIKANIMAN.ID – – Warga Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah yang baru sekarang mendaftar untuk menunaikan ibadah haji harus lebih bersabar dengan menunggu 23 tahun. Hal tersebut lantaran kuota haji daerah 2016 hingga 2038 sudah terisi penuh.

“Mereka yang mendaftar haji saat ini akan masuk daftar tunggu haji yang akan berangkat pada 2039, sehingga calon haji harus bersabar,” kata Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh Kementerian Agama Kabupaten Kotim Rabiatul Adawiyah, di ruang kerjanya, seperti dilansir okezone, Rabu (20/9/2016).

alquran muasir

Ia mengatakan, daftar tunggu haji di Kabupaten Kotim makin panjang karena orang yang ingin berhaji semakin banyak, sementara Pemerintah Arab Saudi tidak menambah kuota haji untuk Indonesia.

“Memang ada kabar kuota haji Indonesia akan bertambah, dengan mengambil kuota negara-negara yang tidak terserap seperti Filipina, Tiongkok, dan sebagainya. Yang jelas, daftar tunggu jamaah haji kita semakin banyak,” terangnya.

Rabiatul menceritakan, salah seorang calon jamaah haji komplain karena tak kunjung diberangkatkan. Padahal, dia merasa mendaftar di tahun yang sama dengan orang lain yang sudah diberangkatkan ke Tanah Suci.

kalender

“Saya tanya, kapan tanggal mendaftarnya. Sebab, perbedaan hari apalagi bulan meski di tahun yang sama, bisa menyebabkan berangkatnya di tahun yang berbeda. Karena daftar antrean ini se-Indonesia dan selalu bertambah setiap harinya,” kisahnya.

Terkait kuota haji tahun depan, Rabiatul mengaku hingga saat ini belum mendapatkan data rinci dari Kementerian Agama. Namun, jika mengacu pada tahun-tahun sebelumnya, Kabupaten Kotim biasanya mendapatkan kuota antara 140 hingga 150 orang jemaah haji setiap tahunnya. [ ]

Red: admin

Editor: iman

Ilustrasi foto: kemenag

 

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment