Tips Menunaikan Ibadah Haji dengan Gaji UMR

0
154

Kondisi kedua, dana belum cukup. Bisa saja pada saat ini Anda memang sudah mempunyai uang, tapi masih belum cukup untuk bisa pergi haji. Bila memang demikian, disarankan Anda manfaatkan produk Tabungan Haji seperti yang banyak ditawarkan oleh bank-bank sekarang ini. Tabungan Haji adalah tabungan yang dikeluarkan oleh bank untuk membantu Anda mempersiapkan dana untuk persiapan ibadah haji. Dengan produk Tabungan Haji, biasanya Anda tinggal memasukkan saja uang Anda yang sudah ada ke dalam produk tersebut, dan uang itu akan diputar oleh bank ke dalam kegiatan usahanya, dan Anda akan mendapatkan penambahan seperti layaknya tabungan biasa.

Yang Anda perlukan adalah menambahkan saja tabungan Anda sedikit demi sedikit dari penghasilan Anda setiap bulannya, sampai dana Anda benar-benar mencukupi. Enaknya Tabungan Haji, biasanya bank penerbit tabungan Anda juga bisa membantu (kebanyakan sih secara otomatis) mendaftarkan Anda untuk bisa menjadi peserta haji pada tahun keberangkatan yang Anda inginkan.

iklan

Kondisi ketiga, menabung dari nol. Kalau pada saat ini Anda belum punya uang sama sekali dan benar-benar ingin menabungnya dari nol, maka saya menyarankan mencoba Koin Emas ONH. Koin Emas ONH adalah produk persiapan dana haji yang sengaja dikeluarkan untuk mengakomodir mereka yang terbiasa membeli emas untuk persiapan dana hajinya. Pada kenyataannya, Koin Emas ONH ini bisa dibeli oleh siapa saja dan untuk tujuan apa saja. Anda bisa membeli koin emas ini di setiap Kantor Cabang Pegadaian.

Masalahnya sekarang, seberapa banyak koin emas yang harus Anda punya bila ingin dana Anda terkumpul? Menurut pengalaman para petugas di Pegadaian, biaya ONH bisa terkumpul kalau Anda memiliki Koin Emas senilai total 250-300 gram (setara dengan ONH terakhir kemarin yang $2500 – $3000). Jadi, walau kelak ada kenaikan ONH, jumlah kebutuhan Koin Emas yang harus Anda miliki akan tetap sama karena ONH dan harga emas sama-sama melihat pada dolar sebagai patokannya. Jadi, Pegadaian percaya bahwa berapa pun ONH-nya nanti, jumlah Koin Emas ONH yang harus Anda miliki adalah 250-300 gram.

Pertanyaannya sekarang, kalau satu gram Koin Emas saat ini, misalnya Rp 300 ribu per gram dan kalau Anda sanggup menabung Rp 900 ribu per bulan, ini berarti Anda bisa membeli 3 gram Koin Emas per bulan. Kalau Anda harus mengumpulkan 300 gram Koin Emas untuk bisa pergi haji, maka ini berarti Anda harus menabung selama 100 bulan agar dana Anda bisa mencukupi untuk bisa pergi haji atau sekitar 8,5 tahun dari sekarang. Terlalu lama? Tidak juga. Mungkin saja di tahun kedua, ketiga, atau keempat nanti jumlah Koin Emas yang Anda beli bukan lagi 3 gram per bulan, tapi naik menjadi 4-5 gram per bulan karena penghasilan Anda juga meningkat. Dengan demikian, persiapan dana Anda bisa lebih cepat, tidak lagi 8,5 tahun.

Semoga dengan mempersiapkan financial dalam rangka memenuhi panggilan Allah Swt ke Baitullah sebagai “tamu-Nya” dapat terwujud. Ingat ungkapan orang bijak, bahwa Allah Swt akan memampukan hamba-Nya yang diundang bukan mengundang orang yang mampu. [ ]

 

Red: ahmad

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay