Rahasia Burj Khalifa Gedung Tertinggi di Dunia Yang Perlu Diketahui

burj-kalifa-1

PERCIKANIMAN.ID – – Burj Khalifa (menara khalifa) sebelumnya bernama Burj Dubai, adalah sebuah bangunan pencakar langit di Dubai, Uni Emirat Arab yang diresmikan pembukaannya pada 4 Januari 2010. Ketinggian gedung yang belum ada tandingannya ini mencapai 828 meter dengan memiliki 163 lantai. Sementara gaya arsitekturnya meliputi arsitektur modern, arsitektur high tech, arsitektur kontemporer hingga arsitektur Islam dan  arsitektur futuris.

Gedung tertinggi di dunia selalu terlihat indah dan diburu untuk berfoto. Tapi tahukah Anda, gedung ini menyimpan rahasia? Meski telah dikenal dunia, namun ada beberapa rahasia yang belum diketahui. Berikut rahasia mengejutkan dari Burj Khalifa seperti dilansir dari Travelandleisure, Kamis (15/9/2016):

alquran muasir
  • Dikerjakan dalam 22 juta jam kerja

Pembangunan Burj Khalifa bisa dikatakan lebih bagus dari gedung-gedung pencakar langit yang telah ada sebelumnya. Pembangunan gedung ini dilakukan oleh sekira 12 ribu pekerja per hari dengan kolektif jam kerja 22 juta jam. Sementara pondasinya berada 43 meter di bawah tanah.

  • Memakan waktu empat bulan untuk bersihkan

Kaca Gedung dengan 163 lantai ini memiliki jumlah kaca 24 ribu. Untuk membersihkan semuanya, dibutuhkan waktu sampai empat bulan. Dengan demikian saat kaca terakhir dibersihkan maka kaca pertama sudah 4 bulan lamanya dibersihkan sehingga sudah harus dibersihkan lagi.

burj-kalifa-3

 

  • Dipanjat aktor Tom Cruise

Jika pernah menyaksikan film Mission Impossible: Ghost Protocol, tentu Anda ingat adegan saat Tom Cruise memanjat gedung di Dubai. Nah, adegan ini benar-benar dilakukan oleh Tom Cruise tanpa stunt man. Ia memanjat ke atas gedung dengan berbagai tali dan harness yang membantunya.

kalender
  • Rentan tersambar petir

Gedung bergaya neo-futurism ini rupanya rentan terhadap sambaran petir. Sudah tidak terhitung banyaknya foto dan video saat Burj Khalifa tersambar petir yang diabadikan oleh fotografer. Namun, pertunjukan dramatis ini malah lebih menarik minat wisatawan dibanding pemandangan lainnya di sekitar.

  • Desain berinspirasi dari bunga

Spider Lily Desain dari Burj Khalifa dikabarkan terinspirasi dari sebuah bunga bernama Spider Lily (Hymenocallis) yang berasal dari negara-negara selatans seperti Georgia, Alabama dan Arkansas, serta bagian Meksiko dan Amerika Selatan. Spider Lily adalah bunga yang tumbuh dengan bentuk bintang. Bunga ini biasanya ditemukan tumbuh di tempat yang lembab, rawa-rawa, dan lembah-lembah di Sungai Missouri. [ ]

[irp posts=”11621" name=”Ini Keajaiban Dirimu, Masihkah Engkau Kufur ?”]

Red: admin

Editor: iman

Ilustrasi foto : pixabay

 

 

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment