Menajubkan! Ini Manfaat Baca Alquran, Mana yang Sudah Anda Rasakan ? (Bag 2)

alquran

Sebelumnya telah kita ketahui manfaat yang luar biasa dengan membaca Alquran. Berikut adalah kelanjutan dari manfaat membaca Alquran tersebut :

11. Dipenuhi Rasa Tenang

alquran muasir

Orang yang membaca Alquran akan selalu berada dalam kegembiraan dan penuh harapan, disaat orang lain merasakan kesedihan, kecemasan dan rasa pesimis. Karena diri mereka selalu dipompa dengan siraman ayat-ayat-Nya yang lembut. Jika tengah mengalami kesulitan hidup misalnya,maka bacaan Alquran akan memberi rasa tenang. Seperti yang telah dijelaskan Allah Swt berikut ini:

Ingatlah, sesungguhnya pertolongan Allah itu amat dekat.” (QS.Al Baqarah: 214)

Mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan shalat”. (QS.Al Baqarah : 153)

kalender

Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.” (QS.Alam Nasyrah : 5-6).

12. Memudahkan segala rizki

Manfaat Alquran akan membuka pintu keberkahan, memperkuat keimanan, ketaqwaan dan penjagaan diri.

Barang siapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya.” (QS. Ath-Thalaaq: 2–3)

Dan barang siapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Allah menjadikan baginya kemudahan dalam urusannya.” ( QS. Ath-Thalaaq : 4)

Katakanlah, ‘Sesungguhnya Tuhanku melapangkan rezeki bagi siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya dan menyempitkan bagi (siapa yang dikehendaki-Nya).’ Dan barang apa saja yang kamu infakkan, maka Allah akan menggantinya dan Dialah sebaik-baik pemberi rezeki.” (QS.Saba : 39 )

13. Membersihkan Penyakit Hati

Penyakit hati adalah penyakit yang bersifat batiniyah atau rohaniyah. Contoh penyakit hati seperti, sombong, riya, tamak, dan lain sebagainya. Dengan membaca Alquran, penyakit hati secara perlahan dapat dibersihkan. Hal ini sesuai dengan Hadits Baihaqi dari Abdullah bin Umar, yakni

Sesungguhnya hati ini (bisa) berkarat sebagaimana besi apabila terkena air.”

Seorang sahabat bertanya, bagaimana cara menghilangkan karat tersebut, ya Rasulullah ? Beliau menjawab :

Perbanyak dzikir dan membaca Alquran.“

DidalamAlquran terdapat beberapa ayat yang menjelaskan bahwa ia bisa menjadi obat penawar penyakit yang ada dalam dada. Yang dimaksud dengan penyakit yang ada dalam dada adalah penyakit hati.

14. Mengingat Allah SWT

Orang yang membacaAlquran akan senantiasa ingat Allah dan kembali kepada-Nya.

Hai orang-orang yang beriman, berzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya di waktu pagi dan petang“. (QS.Al Ahzab: 41-42)

15. Kecukupan Nikmat

Orang yang membaca Alquran akan selalu berada dalam kecukupan dan nikmat Allah SWT. Dalam Surat Ar-Rahman dengan jelas Allah telah memberikan informasi tentang nikmat yang telah kita terima. Sampai akhirnya Allah berulangkali menanyakan dengan kalimat :

Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?” (QS.Ar-Rahman: 18).

Dengan membaca Alquran kita bisa memahami dan merasakan betapa banyak nikmat Allah yang tidak dapat kita hitung.

16. Keutamaan dalam Meminta

Hal ini berdasar kepada HR At-Turmudzi, yakni

Siapa saja yang disibukkan olehAlquran dalam rangka berdzikir kepada-Ku, dan memohon kepada-Ku, niscaya Aku akan berikan sesuatu yang lebih utama daripada apa yang telah Aku berikan kepada orang-orang yang telah meminta. Dan Keutamaannya Kalam Allah daripada seluruh Kalam selain-Nya, seperti keutamaan Allah atas makhluk-Nya.“

17. Mengurangi Ketegangan (stres)

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Dr. Ahmad Al Qadhi, direktur utama Islamic Muslim for Education and Research yang berpusat di Amerika Serikat, menunjukkan bahwa bacaan Alquran menimbulkan efek relaksasi hingga 65 persen. Alquran juga memiliki pengaruh positif yang cukup signifikan dalam menurunkan ketegangan (stres). Dengan membaca Alquran hati dan jiwa menjadi tenang.

18. Mencegah dan Mengatasi Kepikunan

Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa salah satu cara untuk mengatasi kepikunan adalah dengan cara banyak membaca. Dengan sering membaca Alquran secara rutin dapat meningkatkan daya ingat dan fungsi kerja otak kita karena secara spiritual Alquran merupakan kumpulan wahyu yang sempurna yang menenangkan jiwa, meningkatkan keyakinan dan menyeimbangkan hidup manusia. Energi positif dari ayat-ayat Allah SWT ini dapat menjadi nutrisi otak yang paling berharga daripada sebuah obat.

19. Menghasilkan Ide yang Produktif, Menarik dan Inovatif

Dengan membaca Alquran, hati, jiwa dan pikiran menjadi terelaksasi sehingga kita dapat melihat sesuatu dengan jernih. Dengan begitu ide atau gagasan yang positif dan cemerlang dapat muncul atas inspirasi dari Alquran yang senantiasa kita baca.

Tentunya, manfaat-manfaat membaca Alquran lebih luas dan lebih banyak daripada yang telah disebutkan diatas. Semoga kita bisa lebih mendekatkan dan membiasakan diri membaca Alquran untuk mendapatkan manfaat-manfaat yang akan berguna di masa mendatang, baik di dunia maupun di akhirat.

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment