Suka Makan Sate ? Hindari Makan Daging Yang Gosong, Ini Bahayanya

323

PERCIKANIMAN.ID – – Hari Raya Idul Adha telah meninggalkan kita. Tapi, ‘pesta daging’ mungkin belum usai. Satu hal yang perlu Anda ingat, bahaya sate gosong harus dihindari. Mungkin sate gosong disukai beberapa orang, karena terasa garing ketika digigit. Tapi, bahaya sate gosong tak bisa diabaikan begitu saja. Senyawa dalam sate gosong, baik itu daging sapi atau kambing dapat menyebabkan kanker.

Menurut National Cancer Institute, seperti dilaporkan Gettingstronger, Selasa (13/9/2016) menyebutkan memanggang daging sampai gosong menyebabkan pembentukan amina heterosiklik (HCA), hidrokarbon aromatik polisiklik (PAH) dan produksi reaksi Maillard seperti akrilamida (AA) atau lanjutan akhir produk glikasi (AGEs).

alquran muasir

HCA dan AGEs terbentuk ketika asam amino, gula dan creatine dalam daging bereaksi pada suhu tinggi. PAH terbentuk ketika lemak daging terbakar. Reaksi produk Maillard adalah bagian gosong, zat yang dihasilkan oleh reaksi dari gula dan asam amino ketika daging dan makanan lainnya dimasak dengan memanggang atau membakar. Mengkonsumsi daging yang gosong pada sate sangat berisiko tinggi terkena kanker dikemudian hari.

National Cancer Institute juga melaporkan, bahwa HCA, PAH dan akrilamida telah terbukti menyebabkan kanker pada hewa uji coba laboratorium. Sejumlah studi epidemiologi juga telah dilakukan untuk menunjukkan hubungan antara konsumsi daging gosong dengan kanker.

Jadi, jika Anda enggan mengahadapi risiko bahaya sate gosong, jangan membakar terlalu lama. Karena itu, waspadai, jangan sampai pesta daging dengan membuat sate gosong mendekatkan Anda pada risiko tinggi terkena kanker. Untuk mendapatkan sate yang empuk namun tidak gosong disarankan untuk direbus dahulu. Meski rasanya tidak selezat dengan membakar langsung namun cara ini dapat mengurangi resiko terkenan kanker akibat makan sate gosong. Jadi anda pilih lezat atau sehat ?. [ ]

kalender

[irp posts=”12610" name=”Tips Memasak Daging Kambing Agar Tidak Bau dan Empuk”]

Red: admin

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment