Menajubkan! Inilah Manfaat Baca Alquran, Mana yang Sudah Anda Rasakan ? (Bag 1)

alquran

Sebagai sebuah pedoman dan pegangan hidup sesungguhnya, Al Qur’an bukan hanya bermanfaat bagi kaum muslim saja, melainkan bagi seluruh alam. Sayang, bagi yang tidak beriman ia tidak akan mendapat manfaatnya.

Sebagai pedoman hidup tentu sangat wajar jika kita sangat dianjurkan untuk membacanya setiap waktu. Ia akan menuntun kita kearah yang lebih baik untuk mendapatkan rahmat dan kebaikan dari Allah Swt. Mengamalkan Al quran adalah lebih utama namun membacanya juga jangan dianggap remeh. Berikut ini adalah uraian tentang manfaat membaca Al Qur’an bagi kehidupan, yaitu :

alquran muasir

1. Memberi syafaat

Hal ini berdasar pada hadis yang diriwayatkan oleh Muslim, yakni dari Abi Umamah ra. Ia berkata :

Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, ‘ Bacalah olehmu Alquran, sesungguhnya ia akan menjadi pemberi syafaat pada hari kiamat bagi para pembacanya (penghafalnya)”

2. Menjadi Manusia yang Baik

kalender

Rasulullah SAW menegaskan bahwa orang yang terbaik diantara manusia adalah orang yang mau mempelajari dan mengajarkan Alquran, sesuai dengan sabdanya,

Sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari Alquran dan yang mengajarkannya” (HR. Bukhari).

Oleh karena itu, orang yang terbaik didunia ini bukanlah orang-orang yang mempunyai derajat dan jabatan tinggi, bukan pula orang yang memiliki harta kekayaan yang berlebihan. Tetapi, orang terbaik disisi Allah Swt adalah orang yang mau belajar Al quran lalu mengajarkannya kepada orang lain.

3. Mendapatkan Sakinah, Rahmat, serta Dinaungi para Malaikat

Ini berdasar kepada sabda Rasulullah:

Tidaklah suatu kaum berkumpul disuatu masjid daripada masjid-masjid Allah, mereka membacaAlquran dan mempelajarinya kecuali akan turun kepada mereka ketenteraman, mereka diliputi dengan rahmat, malaikat mengelilingi mereka dan Allah menyebut-nyebut mereka dihadapan makhluk yang ada disisi-Nya.” ( HR.Muslim )

4. Mendapatkan Pahala yang Banyak

Hal ini sesuai dengan hadits yang diriwayatkan oleh Tirmidzi, yakni

Barang siapa yang membaca satu huruf dari Kitabullah maka akan memperoleh satu kebaikan. Setiap satu kebaikan akan dibalas dengan sepuluh kali lipat. Aku tidak mengatakan Alif Lam Mim itu satu huruf, akan tetapi Alif satu huruf, Lam satu huruf dan Mim satu huruf.”

5. Memberikan Kedamaian dan Ketenangan

Sebagaimana firman Allah Swt yang artinya:

(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram” ( QS. Ar-Ra’d: 28)

6. Hidup yang Seimbang

Alquran menuntun kita untuk bersikap moderat (seimbang) dalam segala hal. Melarang kita untuk berlebih-lebihan. Dalam Alquran disebutkan dalam:

Artinya : “Allah menurunkan kitab Alquran dengan penuh kebenaran dan keseimbangan”. (QS. Al-Syura :17)

7. Mendapatkan Derajat yang Lebih Tinggi

Orang yang ahli dalam Alquran akan bersama dengan para malaikat pencatat yang mulia lagi taat. Dan orang yang terbata-bata membacaAlquran dan dia bersusah payah mempelajarinya, maka baginya dua pahala.” (HR Bukhari)

8. Mendapatkan Banyak Nikmat

Asy Syahid Sayyid Quthub mengatakan dalam muqaddimah tafsirnya,

Hidup dalam naungan Alquran adalah nikmat. Nikmat yang hanya diketahui oleh siapa yang telah merasakannya. Nikmat yang akan menambah usia, memberkahi dan menyucikannya.

9. Penghilang Segala Keraguan

AlQuran menjelaskan mana yang sesungguhnya benar, disertai penjelasan bukti-bukti yang ada. Kebenaran-Nya dengan sendirinya menghilangkan segala keraguan.

Kitab (Al Quran) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertaqwa” (QS.Al Baqarah:2)

10. Terbebas dari Aduan Rasulullah Saw

Pada hari Kiamat nanti, di mana ada beberapa manusia yang diadukan Rasulullah Saw dihadapan Allah Swt.Jadi, perbanyaklah membaca Alquran, luang waktu sisa-sisa kehidupan yang Allah berikan untuk memperdalam ajarannya. Jangan disia-siakan, karena Alquran akan mengantarkan kemudahan kita ketika menghadap Allah Swt (sakaratul maut) Dengan membaca Alquran yang mengingatkan kita akan dosa-dosa dan mencegah kita terjerumus kembali kedalam perbuatan-perbuatan yang menimbulkan dosa.

(bersambung)………

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment