Apa yang Dimaksud Silaturahmi Memperpanjang Umur?

silaturahmi

Dalam suatu hadits dinyatakan bahwa barang siapa yang ingin dipanjangkan umurnya maka hubungkanlah silturahmi. Apa yang dimaksud dengan “dipanjangkan umur”? Bukankan umur itu sudah diatur, sudah ditentukan oleh Allah?  Ustadz, mohon penjelasannya.

 
Ada hadits yang mengatakan, man akhabba ayugh satollahu fi rizkihi wa ayun sa alahu fi atsarihi fal ya’sayairrorokhimahu. Ini adalah hadits sohih. Kata Rasulullah Saw,  “siapa yang ingin dipanjangkan umur, diluaskan rejeki, maka bersilaturahmilah”.

alquran muasir

Kata-kata “diluaskan rejeki” ini sangat logis, sangat masuk akal. “Siapa yang ingin diluaskan rejeki bersilaturahmilah”, itu isyarat bahwa untuk mendapatkan rejeki yang luas. Tidak cukup dengan keahlian yang dimiliki, tapi kita harus mempunyai networking yang bagus.

Anda mempunyai keahlian luar biasa, tapi kalau networking anda jelek sulit untuk bisa berkembang. Anda mempunyai produk bagus, tetapi promosi dan networking anda jelek, maka belum tentu barang bagus itu laku. Jelas bahwa pernyataan tersebut logis. Secara ilmiah bisa dibuktikan bahwa networking itu menjadi nafas dari sebuah bisnis. Oleh karena itu, orang-orang yang piawai membangun jaringan biasanya lebih maju.

Ada orang yang pinter tapi kuper, maka dia tidak berkembang. Usahanya begitu-begitu aja, muter di situ saja. Tapi ada yang boleh jadi kecerdasan intelektualnya relatif biasa-biasa saja tapi dia supel, makanya dia bisa membangun jaringan, temannya banyak, relasinya banyak. Itu biasanya suka lebih maju, itu yang disebut dengan kecerdasan sosial.

kalender

Ibu-ibu kalau kita mempunyai anak yang cerdas otaknya, matematika 10 fisika 10 kimia 10 tapi kalau kuper, di hari kemudian nanti belum tentu hebat, pinter tapi begitu-begitu saja. Tapi boleh jadi, anak ibu biasa-biasa saja matematika 7, fisika 6, yang bagus hanya kesenian dan bahasa ingris, nilainya 8, tapi dia sangat supel dia bisa membangun jaringan bagus. Nah kalau dia punya bisnis, maka bisnisnya akan cepat berkembang, kenapa?

[AdSense-A]

HALAMAN SELANJUTNYA…>>

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment