Momen Idul Adha Ini Yang Perlu Diajarkan Pada Anak

latihan-haji2

PERCIKANIMAN.ID – – Tak terasa umat Islam akan menyambut Hari Raya Idul Adha dan memasuki bulan Zulhijah, pada bulan ini bagi yang mampu diwajibkan untuk menunaikan rukun Islam yang ke lima yakni melaksanakan ibadah haji. Ibadah ini merupakan kewajiban, maka sebagai orangtua Anda juga perlu menanamkan ini pada anak-anak. Berikut tiga cara yang memperkenalkan haji pada anak-anak seperti dilansir Soundvision belum lama ini.

  1. Membaca buku tentang haji

Jika Anda sulit menjelaskan bagaimana atau apa itu haji, pergilah ke toko buku terdekat dan membeli beberapa buku bacaan tentang haji yang ringan untuk anak. Setelah itu bersama-sama membacanya dengan anak-anak.

alquran muasir
  1. Mengatur praktik haji

Jika cuaca mendukung ajak anak-anak untuk mempraktikan haji. Tunjukkan bagaimana seseorang yang menempuh ibadah haji dengan memakai pakaian ihram, lapangan seperti gaya saat di  Mina, membuat bukit seperti Safa dan Marwa dan lain sebagainya. Dengan mempraktikan akan memberikan gambaran sedikit pada mereka tentang ritual dan makna spiritual dalam haji.

  1. Live” dari Mekkah

Jika memungkinkan, cobalah untuk mengatur video call dengan sanak saudara yang sedang menunaikan ibadah haji. Ajak anak-anak untuk bersama tersambung karena dengan cara ini mereka bisa berbagi kegembiraan dan kekaguman dari perjalanan haji.

Dengan demikian bagi yang tidak melaksanakan ibadah haji momen Idul Adha bukan sekedar menyembelih hewan kurban saja dalam mengenalkan kepada anak-anak tentang salah satu rukun Islam ini. Manfaatkan momen tahunan ini sebagai saranan pembelajaran bagi putra putrid kita. [ ]

kalender

 

[irp posts=”12162" name=”Jadikan Kurban Sebagai Media Belajar Anak”]

Red: admin

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment