Larangan Mengadakan Pengajian di Mesjid pada Hari Jumat

pengajian

Pak Aam, kami Ibu-Ibu biasa mengadakan pengajian keislaman pada hari Jumat pagi. Pada suatu saat kami diberitahu oleh seorang ustadz bahwa tidak boleh mengadakan pengajian di hari Jumat, kalau siangnya akan ada salat Jumat. Benarkah demikian? Mohon penjelasannya Pak Aam. Saya lampirkan penjelasan ustaz tersebut. Al Imam Bagawi berkata dalam kitabnya bahwa terdapat hadist yang mengandung larangan berhalaqah dan berkumpul pada hari Jumat untuk mempelajari Islam. Namun, hendaknya seorang muslim sibuk dengan zikir, salat, dan diam mendengarkan khutbah maka tidak mengapa kalau selesai Jumat untuk melakukan halaqah ilmu di dalam mesjid atau selain itu.

(Jasmine)

alquran muasir

Bu Jasmine, yang dimaksud tidak boleh mengadakan pengajian itu kalau waktu Jumatannya sudah mau masuk. Jangan sampai orang-orang yang berkumpul di mesjid untuk Jumatan terganggu oleh pengajian Ibu. Tapi, kalau Jumatannya pukul 12.00 kemudian orang-orang datang ke mesjid paling lambat datang pukul 11.00, pukul 10.00 Ibu sudah selesai pengajian, lalu apa masalahnya?

Kalau Ibu hari Jumat rutin mengadakan pengajian dari pukul 08.00-10.00,  kira-kira itu akan mengganggu orang yang Jumatan tidak? Tidak kan? Kalau memang tidak, ya silakan lanjutkan. Jadi yang dimaksud tidak boleh ada halaqah ilmu atau tidak boleh ada pengajian sebelum Jumatan, ya ketika orang-orang sudah berbondong-bondong datang ke mesjid sedangkan di mesjid masih ada ceramah, masih ada halaqah. Itulah yang salah.

Harus diingat, bapak-bapak yang akan melakukan salat Jumat tentu ketika datang ke mesjid ia akan melakukan salat tahiyyatul masjid kemudian salat intizar. Salat intizar itu salat dua rakaat salam dua rakaat salam sampai khatib naik ke mimbar, atau kalau tidak melaksanakan salat intizar kita berzikir tanpa mengeluarkan suara supaya tidak menggangu orang lain. Berzikir daan membaca Al-Qur’an saja tidak boleh terlalu keras supaya tidak menggangu orang lain yang sedang melaksanakan salat tahiyyatul mesjid, apalagi berceramah tentu tidak boleh.

kalender

Nah masalahnya, Ibu-Ibu ini setahu saya melaksanakan pengajiannya sebelum Jumatan. Sebelum orang-orang datang ke mesjid ada pengajian Ibu-Ibu dan sudah bubar sebelum Jumatan. Boleh tidak? Ya, tentu boleh selama itu tidak mengganggu orang-orang yang akan ibadah Jumatan. Jadi, inti dari hadist itu jangan sampai pengajian-pengajian itu mengganggu orang yang akan salat Jumat.

Itu artinya, bukan tidak boleh ada pengajian pada hari Jumat. Ibu-ibu yang sudah biasa mengadakan kajian-kajian atau pengajian ibu-ibu di mesjid pada hari Jumat dimulai pukul 08.00 lalu selesai pukul 10.00. boleh dilakukan. Kenapa? Karena pada jam 10.00 orang-orang belum pada datang untuk salat Jumat. Yang salah yaitu ketika orang-orang sudah tiba akan melaksanakan salat Jumat tetapi Ibu-ibu masih melaksanakan pengajian dalam mesjid.  Wallahualam.

* Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email aam@percikaniman.org atau melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Komentar Artikel “Larangan Mengadakan Pengajian di Mesjid pada Hari Jumat

  1. Khaerun Nisa

    Assalamualaikum, ustadz sya mau tanya, apakah dalam islam, boleh mengumrohkan atau menghajikan orang lain, baik yg masih hidup (tua jompo), maupun yg sdh meninggal. Mhn penjelasannya… trm ksh

Leave a Comment