Resep Sehat dan Panjang Umur Yang Mudah Dilakukan

haji china

PERCIKANIMAN.ID – – Dalam dunia medis, proses menjadi tua didefinisikan sebagai proses yang terjadi di dalam tubuh yang berjalan perlahan tapi pasti, di mana terjadi penurunan fungsi tubuh secara berangsur. Penurunan fungsi ini meliputi anatomi, biokimiawi, keseimbangan hormonal, dan lain-lain. Dalam prosesnya, usia dikelompokkan menjadi dua jenis, yaitu kronologis dan biologis.

Usia kronologis adalah usia yang kita lihat di kalender sedangkan usia biologis dilihat dari kondisi serta fungsi fisiologis jaringan tubuh. Usia biologis sangat dipengaruhi oleh kondisi lingkungan. Dalam hal ini, faktor gizi memegang peranan sangat penting. Maka, meski usia kronologisnya sama, usia biologisnya dapat berbeda antara satu orang dengan orang lain. Hal ini bergantung pada kematangan (atau kemunduran) jaringan-jaringan tubuh.

alquran muasir

Usia lanjut biologis dalam batas tertentu dapat diperlambat –di antaranya dengan gizi yang baik, tetapi tak dapat dicegah. Banyak teori diajukan tentang terjadinya proses menua ini. Tapi yang pasti semua sel dalam jaringan tubuh selalu mengalami pergantian. Proses pergantian ini pada usia muda jauh lebih cepat dari pada saat usia menua.

Rahasia Panjang Usia

Senantiasa kelihatan muda dan sehat adalah dambaan semua orang, namun tidak semua orang dapat memperolehnya. Apabila kita membuka beberapa literatur kondisi penduduk dunia maka kita akan menemukan fakta bahwa beberapa daerah di benua Asia memilik penduduk yang rata-rata mampu hidup lebih dari usia 90 tahun. Setidaknya, dikenal empat daerah yang penduduknya berumur panjang, yaitu Bama, di Provinsi Guangxi, Cina. Kota kecil berpenduduk 238.00 jiwa itu merupakan salah satu wilayah yang berpenduduk usia lanjut tertinggi di dunia. Menurut Chen Jinchao dari Guangxi Bama Long Life Research Institute, di kota itu terdapat 74 orang yang berusia lebih dari 100 tahun dan 237 orang lainnya berusia lebih dari 90 tahun.

kalender

Beberapa teori mengungkapkan bahwa rahasia awet muda dan panjang umur sangat bergantung dari asupan makanan dan kandungan gizi. Biasanya, orang-orang dengan taraf gizi rendah memiliki harapan hidup rendah pula. Di lain pihak, orang yang memiliki kelebihan gizi juga akan mengalami percepatan proses menua. Dari penelitian terhadap tikus membuktikan, mengurangi sedikit makanan membuatnya panjang umur.

Penelitian terhadap komunitas panjang umur seperti penduduk Kaukasus di Georgia, Vilcahamba di Equador, dan Hunza di Himalaya membuktikan hal yang sama. Mereka mencapai usia panjang karena memiliki nilai kalori rendah (di bawah 2000 kalori), banyak makan serat, protein rendah tapi tidak kurang, dan konsumsi lemak jenuh yang rendah. Resep awet muda dan panjang umur ternyata sangat mudah, murah, sederhana, serta dapat langsung kita praktikkan.

Penasaran? Ini resep-resep itu yang ada disekitar kita dan mudah untuk dikerjakan

1.Terapi Air

Meminum air putih biasa dengan metode yang benar, dapat memurnikan tubuh. Hal ini membuat usus besar bekerja dengan efektif dengan cara membentuk darah baru –dalam istilah medis dikenal sebagai aematopaises. Bila usus bersih, gizi makanan yang dikonsumsi dalam sehari akan diserap dan dengan kerja mucousal fold, gizi makanan itu diubah menjadi darah baru. Darah merupakan hal penting dalam menyembuhkan penyakit dan memelihara kesehatan.

Caranya, ketika kita bangun tidur (bahkan tanpa menggosok gigi terlebih dahulu) minumlah 1,5 liter air, yaitu 5 sampai 6 gelas, dan usahakan jangan minum atau makan satu jam sebelum dan sesudah minum. Untuk permulaan, mungkin akan terasa sulit meminum air sebanyak ini sekaligus, tapi lambat laun akan terbiasa. Anda mungkin akan buang air 2 sampai 3 kali dalam satu jam.

2. Detoksifikasi dan Olah Raga

Detoksifikasi adalah pengeluaran racun atau zat-zat yang bersifat racun dari dalam tubuh. Andang Nugraha dalam Majalah Nirmala menyebutkan bahwa toksin atau racun bukan hanya ampas dari makanan yang kita cerna, tetapi bisa juga berasal dari udara, kimia seperti pestisida, logam berat pada air, residu obat-obat farmasi, dan sebagainya. Bahkan pikiran dan emosi negatif juga merupakan racun bagi sel-sel tubuh kita. Semua ampas atau zat yang tidak diperlukan oleh tubuh akan diperlakukan sebagai toksin (racun) atau penyakit.

Ampas toksin juga diproduksi secara alami oleh tubuh. Ini merupakan proses metabolisme di mana setiap hari terdapat pembelahan sel-sel baru, sementara itu sel-sel lama akan menjadi aus dan mati. Dalam kondisi normal, ampas akan dikeluarkan secara teratur setiap harinya melalui sistem pembuangan tubuh. Buang air besar setiap hari bukanlah jaminan bahwa proses pembuangan kita normal. Penyakit terjadi apabila proses pembuangan tidak optimal dan toksin mulai merusak jaringan organ-organ vital. Dan metode-metode yang dapat kita lakukan untuk mengeluarkan toksin dengan berolah raga yang mengeluarkan keringat.

Berikutnya adalah dengan berpuasa dan tersenyum  . . . .

 

HALAMAN SELANJUTNYA…>>

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment