Niatkan Berkurban dari Sekarang dan Raih Keutamaannya

308a

PERCIKANIMAN.ID – – Ibadah utama di Hari Raya Idul Adha atau Idul Qurban yang insya Allah akan segera kita temui adalah menyembelih hewan kurban. Demikian ditegaskan Rasulullah Saw dalam sabdanya.

Kesempatan ibadah kurban hanya setahun sekali. Selayaknya setiap Muslim bisa “menabung” untuk membeli hewan kurban dan meraih pahala atau keutamannya yang sangat besar. Rasul Saw bahkan mengungkapkan “amarah” kepada orang yang mampu berkurban, tapi tidak melaksanakannya, sebagaimana dalam hadits di bawah ini.

alquran muasir

Hukum Ibadah Kurban

Mayoritas ulama menyatakan, hukum ibadah kurban (menyembelih kambing atau sapi) adalah Sunnah Muakkadah, yaitu sunnah yang sangat dianjurkan, berdasarkan hadits:

Tiga hal yang merupakan kewajiban atasku dan sunnah atas kalian adalah shalat witir, nahr (qurban), dan shala dhuha.” (HR. Ahmad, Hakim, dan Daruquthni).

kalender

Barangsiapa yang memiliki kelonggaran dan tidak mau berqurban, maka janganlah ia mendekati tempat shalat kami.” (HR Ahmad dan Ibnu Majah).

Ibadah kurban bisa dikatakan “mendekati wajib” bagi mereka yang mampu atau berkelimpahan rezeki, tersirat dari hadits di atas, sampai-sampai Nab Saw mengatakan “jangan mendekati tempat shalat kami”.

Kurban Amalan Paling Disukai Allah SWT

Ibadah kurban adalah amalan yang paling dicintai Allah SWT pada saat Idul Adha.

Tidak ada suatu amal anak Adam pada hari raya qurban yang lebih dicintai Allah selain menyembelih hewan qurban.” (HR. Tirmidzi).

Menyembelih hewan pada hari raya qurban, aqiqah (setelah mendapat anak), dan hadyu (ketika haji), lebih utama daripada shadaqah yang nilainya sama.” (HR. Ahmad, Ibnu Majah, dan At-Tirmidzi).

Ibadah kurban mempunyai hikmah untuk membersihkan hati agar menjadi lahan yang subur untuk tumbuhnya iman dan takwa.

Ibadah tahunan ini bukan saja menghidupkan sunnah Nabi Ibrahim a.s., mendidik jiwa ke arah taqwa, mendekatkan diri kepada Allah SWT, mengikis sifat tamak (serakah) dan mewujudkan sifat murah hati, menghapuskan dosa dan mengharap keridhaan Allah SWT, tapi juga menjalinkan hubungan kasih sayang sesama manusia.

Jangan Takut Miskin dengen Berqurban

Rasa takut adalah sebuah keniscayaan yang dimiliki manusia namun akan menjadi tidak wajar jika dilakukan dengan berlebihan. Demikian juga untuk melaksanakan ibdah kurban sebagian kaum muslimin masih menundanya karena takut dapat mengurangi harta, takut kurang modal usaha, takut tidak bisa hidupi keluarga hingga takut jatuh miskin dan bangkrut.

Padahal sudah ada janji Allah sebagaimana yang sering kita baca,

Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia-lah Pemberi rezki yang sebaik-baiknya. ” (QS. Saba’: 39).

Nabi pun sudah meyakinkan kita,

Sedekah tidaklah mengurangi harta. ” (HR. Muslim)

Bisa jadi dengan kurban dan sedekah, Allah akan buka pintu rezeki yang lain. Tak pernah ada orang yang berkurban dan rajin sedekah jatuh miskin dan bangkrut. Bahkan patut dipahami, ulama Syafi’iyah yang mennyatakan bahwa kurban tetap lebih utama dari sedekah yang senilai kurban.

Untuk itu mari, bersiap menyongsong ibadah kurban tahun ini! Tidakkah kita tergiur dengan pahala kebaikan yang ada di dalamnya  sebagaimana ditegaskan dalam hadits berikut ini:

Setiap satu helai rambutnya (hewan kurban) adalah satu kebaikan… Setiap satu helai bulunya juga satu kebaikan.” (HR.Ahmad dan Ibn Majah).

Siapkan diri menyongsong Idul Adha untuk melaksanakan ibadah kurban dan meraih keutamaannya. Semoga Allah SWT memberi kita kekuatan dan rezeki untuk bisa berkurban. Wallahu’alam [Dihimpun dari risalahislam dan rumaysho serta berbagai sumber lainnya).

 

Red: admin

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment