Hukum Mengenakan Mukena Bergambar untuk Shalat

mukena

Pak Ustadz, bagaimana hukumnya bila shalat mengenakan mukena yang bergambar?  Apakah itu diperbolehkan? Terima kasih atas jawabannya.

(Rizky, Bandung)

alquran muasir

 

Dalam shalat, salah satu syarat sah adalah menutup aurat. Mukena adalah salah satu pakaian untuk menutup aurat. Bagi Ibu-ibu yang pakaiannya sudah sesuai syar’i yaitu yang tampak hanya wajah dan telapak, dan punggung tangan, pakaian ini sudah dapat dipakai untuk shalat.

Ada keterangan hadits shahih yang menyatakan “ Laa Yaqbalullahu Shalata Ha Idhin Illa Bihikmarin ” (Allah tidak menerima shalat wanita yang telah haid kecuali dia berkerudung) ” (H.R Lima Imam Hadits Kecuali An-Nasa’i)

Karena ada sebagian saudara kita yang menutup auratnya belum syar’i, belum sempurna, maka ketika shalat dia memakai mukena. Jadi, sebenarnya mukena itu salah satu pakaian untuk supaya auratnya tertutup. Berarti, kalau pakaian kita sudah syar’i, semuanya sudah tertutup, kecuali wajah dan telapak tangan, maka pakaian itu sudah bisa dipakai untuk shalat.

kalender

Lalu bagaimana hukum memakai mukena bergambar? Yang penting gambarnya itu tidak mengganggu. Misalnya gambar bunga, gambar batik. Gambar-gambar tersebut tidak ada masalah. Polos juga boleh. Yang penting, baju yang kita kenakan untuk shalat, tidak akan mengganggu kekhusyuan orang lain saat melaksanakan shalat.

BACA JUGA : “Perempuan Tak Berhijab, Apakah Ibadahnya Diterima?”

Pernah Nabi pada waktu akan melakukan shalat, menemukan gorden yang bergambar. Nabi memerintahkan untuk menyingkirkan gambar tersebut. Beliau tentu selalu khusyu dalam melakukan shalat, tetapi juga mengajari umatnya agar mengeliminasi atau menyingkirkan faktor-faktor eksternal yang mengganggu kekhusyuan shalat. Faktor eksternal tersebut di antaranya adalah gambar-gambar, suara-suara seperti televisi atau radio.

Di zaman sekarang ini, suara-suara notifikasi dari ponsel seringkali kita temukan sebagai pengganggu kekhusyuan shalat. Jika di zaman dulu, Nabi memerintahkan untuk menyingkirkan gambar-gambar, sekarang ini bunyi-bunyi gadget atau ponsel yang harus disingkirkan. Apakah itu  nada dering telepon masuk, notifikasi BBM atau pun media sosial.

Kesimpulannya, mengenakan mukena bergambar tidak masalah selama gambar itu diperkirakan tidak akan mengganggu kekhusyuan pada saat shalat. Atau misalnya Anda hanya menggunakan mukena tersebut saat shalat di rumah saja. Boleh saja menggunakan mukena motif bunga atau motif apa saja, tetapi tidak dianjurkan gambar-gambar yang berbentuk mahluk hidup.  Wallahu’alam.

BACA JUGA : “Bolehkah Shalat Pakai Busana Muslimah tanpaMukena?

[AdSense-A]

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment