Keutamaan Puasa Hari Arafah

wukuf

Ada banyak keistimewaan di bulan Dzulhijah yang saat ini sedang kita jalani. Selain ada momen ibadah haji dan qurban yang agung, ternyata ada lagi amalan yang tidak kalah istimewanya yakni puasa Arafah. Keistimewaan shaum atau puasa ini yakni mampu menghapus dosa selama 2 tahun yaitu setahun lalu dan setahun yang akan datang.

Rasulullah Saw pernah ditanya mengenai puasa di hari Arafah, beliau pun bersabda :

alquran muasir

Puasa hari Arafah akan menghapuskan dosa-dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang.” (HR. Muslim dari hadits Abu Qatadah al-Anshari)

Disunnahkan bagi orang-orang yang tidak sedang menunaikan ibadah haji untuk berpuasa di hari Arafah, yaitu pada tanggal 9 Dzulhijjah atau yang bertepatan dengan wukuf jamaah haji di Padang Arafah.

Puasa ini akan menghapuskan dosa-dosa kecil yang dilakukan setahun yang lalu dan setahun yang akan datang. Namun menurut jumhur (mayoritas) ulama  puasa ini hanya menghapus dosa-dosa kecil saja atau tidak dapat menghapuskan dosa-dosa besar. Seperti pendapat Asy-Syaikh al-‘Utsaimin pada kitab Fath Dzil Jalalu wal Ikram.

kalender

Alasannya, menurut Syaikh al-‘Utsaimin bahwa puasa ini tidaklah lebih utama dan lebih kuat daripada solat 5 waktu, solat Juma’at, atau puasa Ramadhan yang merupakan ibadah-ibadah wajib.  Padahal ibadah-ibadah wajib ini hanya mampu menggugurkan dosa-dosa kecil, sebagaimana sabda Rasulullah :

Solat 5 waktu, solat Juma’at hingga solat Juma’at berikutnya, dan solat Ramadhan hingga Ramadhan berikutnya adalah penghapus dosa-dosa yang ada di antara semua itu, selama seseorang meninggalkan dosa-dosa besar.” (HR. Muslim dari Abu Hurairah)

Dengan demikian, menurut jumhur ulama,  dosa-dosa besar hanya akan terhapus dengan taubat atau dengan rahmat Allah . Walau begitu, para ulama tetap menganjurkan agar kaum muslim melaksanakan shaum sunnah Arafah karena berkenaan dengan keutamaannya tersebut.

Foto Ilustrasi : Wikimedia Commons.

 

 

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment