Berwudhu Setiap Hari Bisa Mencegah Flu

317

PERCIKANIMAN.ID – – Berwudhu merupakan rutinitas seorang muslim yang dilakukan minimal lima kali dalam sehari. Berwudhu adalah tindakan mencuci bagian-bagian tubuh tertentu dengan menggunakan air. Umat Muslim diwajibkan melakukan kegiatan ini, terutama sebelum menunaikan ibadah shalat.

Dalam kegiatan ini kita harus mencuci bagian tangan sampai siku, membasuh wajah, membahasi kepala, hingga mencuci kaki hingga pergelangan kaki. Tentunya wudhu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kita. Tak sekedar membersihkan dan menghaluskan kulit serta menghalau berbagai potensi penyakit lainnya yang dapat terhindarkan. Seperti dilansir Prayerinislam belum lama ini ada manfaat lain seperti ulasan berikut ini:

alquran muasir
  • Menghilangkan debu dan kotoran

Wudhu membuat tubuh Anda terhindar dari debu dan kotoran. Sehingga, hal ini membuat kulit kita tetap mulus, terasa lembut dan segar sepanjang hari.

  • Mencegah flu

Menghirup air ke dalam lubang hidung selama wudhu dapat mencegah kuman dan debu yang terperangkap. Ini membuat diri kita terhindar dari penyakit flu.

  • Menjaga pendengaran.

Membersihkan kotoran telinga dengan mencuci telinga selama wudhu membantu menyingkirkan kotoran telinga yang mengganggu. Tentu hal ini dapat mencegah infeksi telinga yang berbahaya. Dengan  memikian daun telinga dan sisi dalamnya akan senantiasa bersih baik dari debu maupun kuman.

kalender
  • Menjaga masuk kuman dari kaki

Beberapa penyakit ditularkan melalui kuman dan bakteri yang masuk melalui telapak kaki. Dengan rutin berwudhu dan membasuh kaki maka penyebab penyakit ini dapat terhindari.

Demikian sebagian dari hikmah setiap hendak shalat diwajibkan untuk berwudhu ternyata membawa dan memberikan kebersihan dan kesehatan yang laur biasa. [ ]

Red: admin

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

 

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment