10 Alasan Harus Maksimalkan Ibadah 10 Hari Pertama Dzulhijjah

sujud

Seluruh umat muslim di dunia selalu mengistimewakan bulan Ramadhan, di mana sebagian besar di antaranya sangat serius menyambut dan mengisinya dengan beribadah.  Namun belum banyak yang menyadari bahwa selain Ramadhan, ada pula bulan istimewa lainnya bagi umat Islam yakni  Dzulhijjah.

Kenapa10 hari pertama di bulan Haji ini istimewa dan sangat disayangkan bila  kita mempersiapkan dan melewatkannya dengan ibadah .

alquran muasir

Dalam Al-Qur’an dan hadits Nabi disebutkan bahwa 10 hari pertama Dzulhjjah memiliki keistimewaa. Inilah  10 alasan mengapa semua umat Islam harus mengisi hari-hari tersebut dengan amal kebaikan :

1. Hal ini disebutkan dalam Al Qur’an:

Allah yang Maha Tinggi berfirman:

kalender

“Demi fajar dan malam yang sepuluh…” (Q.S. Al Fajr [89] :1-2)

Menurut tafsir Ibnu Katsir,  “sepuluh malam” tersebut mengacu pada 10 hari pertama Dzulhijjah. Pandangan ini juga didukung oleh banyak ulama terkemuka.

2. Dzulhijjah adalah bulan yang suci

Allah menyebutkan dalam Al Qur’an bahwa ada 4 bulan suci:

Sesungguhnya,  jumlah bulan menurut Allah adalah dua belas  bulan sebagaimana dalam ketetapan  Allah pada waktu Allah menciptakan langit dan bumi.  Di antara bulan yang dua belas itu, ada empat bulan haram . ” (Q.S At-Taubah [9] : 36)

Dan 4 bulan suci tersebut adalah: Dzul Qa’dah, Dzul Hijjah, Muharram dan Rajab.

3. Hari-hari terbaik untuk melakukan amal ibadah

Ibnu Abbas ra. meriwayatkan bahwa Nabi Saw bersabda:

Tidaklah ada hari-hari dimana amal baik yang dikerjakan di dalamnya itu lebih dicintai Allah dibanding hari-hari ini (10 awal dzuhijjah).” Kemudian para sahabat bertanya: “bahkan lebih baik dari jihad wahai Rasul?”. Rasul saw menjawab: “lebih dari Jihad! Kecuali orang yang keluar dari rumahnya untuk berjihad dengan harta dan jiwanya dan ia tidak kembali lagi (mati syahid)” (HR. Tirmidzi, Abu Daud, Ibnu Majah)

4.  Rangkaian ibadah terbesar 

Dalam bulan ini, salah satu rukun Islam yaitu ibadah Haji berlangsung, di mana umat Islam dari seluruh dunia berkumpul untuk berdoa dan menyembah Allah. Banyak ibadah sunnah lainnya yang juga dilakukan di bulan ini seperti, kurban, shaum, dan amal ibadah lainnya.

Hafidh Ibnu Hajar ra. berkata dalam Fath al-Bari:

“Alasan yang paling kuat untuk sepuluh hari di awal Dzulhijjah menjadi pembeda dalam keunggulan karena adanya rangakian ibadah selama masa ini, yaitu salawat (doa), siyam (puasa), sadaqah (amal) dan Haji (ziarah). Tidak ada momen lain di mana ibadah dilakukan secara bersamaaan. ”

5. Islam disempurnakan pada hari ‘Arafah

Allah berfirman:

“Pada hari ini telah Aku sempurnakan agamamu untukmu dan telah Aku cukupkan nikmat-Ku bagimu dan telah aku diridhoi Islam sebagai agamam.” (Q.S Al Maidah [5] : 3)

Turunnya ayat tersebut  adalah pada hari ‘Arafah yang jatuh pada tanggal 9 Dzulhijjah.

[irp posts=”12124" name=”Haji dan Festival Kultural Terbesar Manusia”]

6. Puasa pada hari  Arafah

Abu Qotadah Al Anshoriy berkata,
“Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam ditanya mengenai keutamaan puasa ‘Arofah? Beliau menjawab, ”Puasa ‘Arofah akan menghapus dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang.” Beliau juga ditanya mengenai keistimewaan puasa ’Asyura? Beliau menjawab, ”Puasa ’Asyura akan menghapus dosa setahun yang lalu” (HR. Muslim no. 1162).

7. Puasa satu hari  pahalanya sama dengan satu tahun

Abu Hurairah (ra) meriwayatkan bahwa Rasulullah (damai dan berkah besertanya) mengatakan:

“Tidak ada satu amal sholeh yang lebih dicintai oleh Allah melebihi amal sholeh yang dilakukan pada hari-hari ini (yaitu 10 hari pertama bulan Dzul Hijjah).” Para sahabat bertanya: “Tidak pula jihad di jalan Allah?” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab: “Tidak pula jihad di jalan Allah, kecuali orang yang berangkat jihad dengan jiwa dan hartanya namun tidak ada yang kembali satupun.”(HR. Abu Daud no. 2438, At Tirmidzi no. 757, Ibnu Majah no. 1727, dan Ahmad no. 1968. Shahih)

8.  Takbir dan mengagungkan nama Allah.

Umat muslim diperintahkan untuk memuliakan dan mengagungkan nama Allah. Disebut dengan Takbir Tashriq, kita harus membaca takbir setiap kali setelah  shalat terhitung dari waktu fajar tanggal 9 Dzulhijah sampai setelah Ashar dari tanggal 13 Dzulhijjah.

Allaahu akbar, Allaahu akbar, laa ilaaha ill-Allah, Allaahu akbar, Allaahu akbar, wa lillaahi’l-hamd

9. Ibadah Qurban

Bagi mereka yang memiliki kemampuan, diwajibkan untuk menyembelih hewan kurban pada tiga hari yang ditentukan (10, 11 dan 12 Dzulhijjah).

10. Idul Adha dirayakan

Dalam Islam, ada dua hari perayaan besar yaitu; Idul Fitri (setelah Ramadhan) dan Idul Adha pada tanggal 10 Dzulhijjah.

Mari kita semua berusaha untuk meningkatkan ketakwaan dengan berdoa dan mengingat Allah pada 10 hari di bulan ini. Sebisa mungkin  berpuasalah terutama pada hari ‘Arafah, khususnya bagi kita yang tidak melakukan ibadah haji. (Rafiq bin Jubair/ac)

[i[irp posts=”3719" name=”Keutamaan Puasa Hari Arafah”]p>

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment