Apakah Jemaah Calon Haji Harus Tetap Kurban di Tanah Air?

haji

Pak Ustadz, apakah jemaah yang sedang melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci masih harus melaksanakan kurban di Indonesia? Mohon jawabannya. Terima kasih.

 

Kurban itu diperuntukan bagi mereka yang memiliki kelapangan dan kemampuan.  Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra,  Nabi saw bersabda, “Barangsiapa yang mempunyai keleluasaan harta, tetapi tidak mau melaksanakan kurban, maka janganlah dia mendekati tempat shalat kami.”

alquran muasir

Jadi mohon diingat bahwa kurban itu bagi mereka yang memiliki keleluasaan harta.

Ada yang bertanya kepada saya. Pak Aam, saya memiliki tabungan kurban, tetapi itu pun belum mencukupi, karena harga hewan kurbannya mahal. Selain itu saya juga mempunyai utang. Apakah saya harus tetap berkurban dengan meminjam uang untuk membeli hewan kurban? Atau harus bagaimana?

Menjawab pertanyaan tersebut, saya tegaskan bahwa kurban itu menurut haditsnya diperintahkan kepada mereka yang memiliki keleluasaan harta . Bagi Anda yang terlilit utang, tidak perlu berkurban. Justru membayar utang yang menjadi kewajiban. Kita jangan sampai salah dalam berfikir, yaitu beranggapan bahwa kurban lebih utama hukumnya dibandingkan membayar utang.

kalender

Akan tetapi bagi mereka yang memiliki utang yang tidak membebani, dalam arti utangnya sudah terprogram untuk dibayarkan secara rutin dari penghasilan tetap, seperti cicilan rumah, atau cicilan kendaraan, lalu ada sisa penghasilan dari pembayaran utang tersebut. Maka, orang seperti ini tetap harus berupaya untuk berkurban. Orang seperti ini dapat dikategorikan sebagai orang mampu, sekalipun ia masih memiliki utang. Orang seperti ini misalnya mereka yang memiliki aset kekayaan meskipun masih memiliki utang.

Jadi, yang saya maksud dengan orang yang mempunyai utang (yang tidak wajib berkurban) di sini adalah mereka yang untuk makan sehari-hari, untuk mengontrak rumah, atau membayar uang sekolah anak harus berutang. Mereka ini harus lebih mengutamakan membayar utangnya ketimbang mamaksakan berkurban.

Sedangkan untuk mereka yang tengah melaksanakan ibadah haji…..

[AdSense-A]

HALAMAN SELANJUTNYA…>>

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment